Inilah 5 Faktor Utama Penyebab Depresi Yang Sering Diabaikan

Inilah 5 Penyebab Utama Depresi Yang Sering Diabaikan

Segala sesuatu yang terjadi dalam diri (emosi) kita penyelesaiannya juga harus dilakukan di dalam diri kita, bukan di luar. Karena segala sesuatu yang berasal dari luar diri seperti lingkungan, orang lain atau situasi adalah kejadian netral.

Selama kita masih manusia, kita tidak sempurna. Kita masih bisa berbuat salah, dan harus belajar move on, bukan menyalahkan diri sendiri atau menghakimi diri sendiri. Panggilan kita bukan menjadi sempurna, tetapi menjadi dewasa dengan mau belajar dan berbesar hati belajar dari proses hidup, serta berusaha menjadi lebih baik.

Manusia berbeda dengan handphone, dimana saat kita beli ada manual booknya. Saat kita lahir tidak ada manual booknya, hanya lewat belajar, dan kerendahan hati kita akan tumbuh menjadi manusia yang dewasa.

Depresi adalah sakit secara emosi dan letaknya di dalam diri. Umumnya pemicu depresi adalah sesuatu di luar diri. Masalahnya kita kurang dapat mengatur pengharapan terhadap sesuatu yang di luar diri kita. Karena kita tidak bisa mengontrol lingkungan, kejadian atau bahkan orang tertentu.

Kita hanya bisa mengontrol diri kita sendiri, bukan yang di luar kita. Kesalahpahaman ini sering kali menjadi pemicu seseorang terserang depresi. Seseorang yang tidak memiliki kecerdasan emosi yang baik, cenderung lebih mudah depresi.

Perhatikan kata “memiliki kecerdasan emosi”, kata “kecerdasan” mengandung sesuatu yang dapat dipelajari, dibuat dan dibentuk di dalam diri kita. Jika kita mau belajar untuk diri kita sendiri, maka kita akan jauh lebih baik dalam mengatasi masalah emosi. Singkatnya hal itu bisa dipelajari dan ditingkatkan, tergantung pada kita mau belajar atau tidak.

Depresi bisa menyerang siapa saja, tua-muda, kaya-miskin, laki-perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita cermati dan gunakan sebagai metode pencegahan. Berikut ini adalah 5 penyebab utama depresi yang sering diabaikan.

1. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Orang-orang yang depresi tidak memiliki rasa percaya diri dan mereka selalu menganggap semua yang terjadi sebagai kegagalan mereka. Bahkan kesalahan sekecil apapun mereka anggap sebagai masalah besar, dan hal-hal tersebut menguras perhatian mereka jauh lebih besar dari orang pada umumnya.

You have Successfully Subscribed!