Apa Tipe Kepribadianmu?

Mengapa kita perlu mengenali tipe kepribadian? Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya.

Dalam tes kepribadian ini manusia dibagi menjadi 4 macam, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Meskipun ada banyak sekali teori yang menggunakan istilah berbeda, tetapi polanya tetap sama.

Tes kepribadian ini telah membantu banyak orang untuk mengenali dan membentuk karakternya menjadi lebih baik. Pahami kepribadian anda sekarang, dengan mengikuti tes kepribadian ini.

Meskipun tidak ada tes kepribadian yang bisa memberikan hasil benar-benar sempurna. Tetapi sedikitnya tes kepribadian ini dapat mengungkap tipe kepribadian anda yang sebenarnya.

Kini anda bisa mencobanya secara GRATIS!! Caranya mudah, pilihlah 1 jawaban pada setiap pernyataan di bawah ini yang paling mewakili diri anda. Jawablah dengan jujur!!

Yuk Mulai Tes!

0%

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diri Saya

Pernyataan Ini Mewakili Diri Saya

Pernyataan Ini Mencerminkan Diri Saya

Pernyataan Ini Mendeskripsikan Diri Saya

Pernyataan Ini Mewakili Diri Saya

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diri Saya

Pernyataan Ini Mencerminkan Diri Saya

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diri Saya

Peryataan Ini Serupa Dengan Diri Saya

Tes Kepribadian
Aku Seorang Koleris

Tipe kepribadian ini berkisar 10% dari total populasi. Kelebihan orang koleris adalah memiliki keinginan yang kuat, pembuat keputusan yang tajam, dan seorang pemimpin yang hebat. Mereka belum tentu selalu benar tetapi mereka selalu yakin pada diri mereka. Orang koleris memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang pemimpin yang dinamis. Mereka optimistis, tidak pernah menyerah, dan tidak suka diperintah orang lain.

Orang koleris sangat praktis dan tidak suka basa-basi. Mereka tidak mau sekedar berbicara mengenai sesuatu, mereka lebih suka melakukan sesuatu. Orang koleris membutuhkan suatu lingkungan dimana ada konflik, tantangan, pilihan dan pengendalian. Mereka akan bekerja dengan maksimal dengan kondisi seperti ini. Orang koleris dapat sangat mandiri dengan mengandalkan kemampuan alami mereka, dan dapat mengatasi setiap persoalan tanpa perlu bantuan orang lain.

Koleris mewakili tipe kepribadian yang tegas dan cenderung memimpin. Tipe koleris merupakan orang yang aktif dan berorientasi tugas. Mereka adalah orang pendorong dan pelaksana. Jangan terlalu berharap mendapat terlalu banyak simpati dari orang koleris. Mereka tidak menunjukkan kehangatan dan empati secara terbuka.

Walaupun populasi koleris sedikit, namun tipe kepribadian ini merupakan tipe yang dominan dan mencolok dalam suatu kelompok kerja. Mereka biasanya menduduki tempat-tempat penting dalam suatu kelompok. Mereka terkadang terlihat seperti orang yang berambisi, keras dan berorientasi tugas. Seseorang yang tergolong dalam tipe kepribadian ini adalah orang-orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin.

Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Sanguinis

Tipe kepribadian ini berjumlah 25-30% dari total populasi. Kelebihan orang sanguin adalah sangat bersahabat, hangat dan menyenangkan. Orang sanguin sangat terbuka, antusias, dan cenderung optimis. Mereka bersemangat mengenai hampir segala hal, dan sangat peduli terhadap orang lain. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir. Mereka mempunyai hati yang besar karena mereka sangat menyukai sesama. Sayangnya, kadang kala mereka kurang memiliki ketegasan sehingga mereka sering diperalat oleh orang lain.

Orang sanguin mudah menyesuaikan diri. Mereka senang berkumpul dan bercerita dengan kawan atau keluarga mereka. Orang sanguin memandang hubungan sebagai sesuatu hal yang sangat penting. Mereka biasanya mengenal banyak orang penting. Orang adalah hidup mereka. Bagi orang sanguin, dunia adalah suatu panggung tempat mereka mementaskan peran mereka.

Mewakili tipe kepribadian yang cerah, ceria dan heboh. Ciri utamanya adalah sangat aktif, periang, mudah bergaul, punya rasa humor yang tinggi, dan selalu antusias penuh energi. Mereka adalah orang yang penuh inspirasi. Bagi mereka hidup adalah suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Mereka punya cara untuk melihat sisi positif emosinya.

Pada dasarnya, mereka merupakan tipe kepribadian yang sangat berorientasi pada orang lain, relationship dan kesenangan hidup. Orang sanguin dapat mempengaruhi anda dengan cara mereka yang menyenangkan. Mereka adalah pembicara yang hebat, dan dapat membuat anda percaya hampir pada semua hal yang mereka ucapkan. Mereka adalah orang yang sangat sesuai bagi ujung tombak perusahaan atau organisasi.

Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Plegmatis

Tipe kepribadian ini berjumlah 30-35% dari total populasi. Kelebihan orang plegmatis adalah mudah bergaul, dapat diandalkan, dan suka membantu orang lain. Orang plegmatis adalah orang yang manis dan sangat istimewa. Mereka tidak suka mendesak dan berlagak memerintah. Orang plegmatis tidak akan berusaha melakukan sesuatu agar anda menyukai mereka. Mereka ya begitulah adanya, mereka memang orang yang sangat menyenangkan.

Orang plegmatis bersifat pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri. Mereka suka keramaian dan kesenangan sejauh semua itu tidak berpusat pada diri mereka. Orang plegmatis sopan dan punya aturan yang baik dalam pergaulan. Mereka tidak suka kejutan, mereka suka menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap. Orang plegmatis juga sangat sabar dan dapat sangat humoris.

Mewakili tipe kepribadian yang suka melakukan segala sesuatu berdasarkan urutan, serba prosedural, dan tipe pengikut setia. Seorang plegmatis bisa tahan duduk berjam-jam melakukan hal yang sama dan berulang-ulang dari hari ke hari. Mereka suka rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. Orang plegmatis juga bersikap konservatif. Mereka suka berpegang pada hal-hal yang mereka tahu akan berhasil.

Kebanyakan orang merasa tenang ketika berhadapan dengan orang plegmatis. Mereka tidak banyak menuntut dan menerima apa adanya. Kebutuhan dasar seorang plegmatis adalah penghargaan dari orang lain dan rasa aman. Orang plegmatis dapat diandalkan. Mereka sangat berorientasi pada orang lain, sehingga mereka tidak akan pernah mau mengecewakan dan menyakiti orang lain.

Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!
Aku Seorang Melankolis

Tipe kepribadian ini berjumlah 20–25% dari total populasi. Kelebihan orang melankolis adalah sangat teliti, perencana, pemikir dan detail. Orang melankolis sangat idealis. Mereka ingin menjadi yang terbaik, dan berusaha mendapatkan yang terbaik. Mereka memiliki kebutuhan dasar yang berorientasi pada tugas, logis, kesempurnaan, dan tertutup dalam mengungkapkan perasaannya. Mereka selalu melakukan double check untuk memastikan bahwa mereka benar. Orang melankolis sangat kuat dalam memegang prinsip, dan mengejar goal yang ingin mereka capai.

Orang melankolis sangat berhati-hati dan cenderung suka curiga. Mereka tidak suka membuat kesalahan dan penuh perhitungan dalam segala hal yang mereka lakukan. Orang melankolis biasanya sangat berbakat, mereka sangat cerdas, dan selalu berpikir untuk mencari ide yang lebih baik.

Mewakili tipe kepribadian yang rapi, detail, sangat analitis dan cenderung sensitif. Ciri-ciri yang sangat tampak adalah hidup yang sangat teratur dan suka kerapian. Mereka juga sangat menyukai data dan fakta. Orang melankolis mempunyai pemikiran yang kritis. Mereka dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik daripada tipe kepribadian yang lain.

Mereka tahu bagimana cara mengerjakan suatu proyek besar dengan memecah proyek itu menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Orang melankolis sangat kuat dalam memegang prinsip, dan mengejar goal yang ingin mereka capai. Mereka bekerja dengan tidak mengenal lelah untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan maksimal. Mereka biasanya lebih mementingkan tugas yang harus mereka kerjakan dari pada diri mereka sendiri.

Mau coba tes kepribadian yang lain? KLIK DISINI!

Share your Results:

Bagaimana hasilnya? Apakah cocok dengan diri anda? Bisa dikatakan hasil tes tersebut hanyalah gambaran sekilas tentang tipe kepribadian anda. Jika ingin mengetahui tipe kepribadian anda lebih lengkap dan detail, anda bisa membacanya dalam ebook The Secret of Personality.

Jadi anda termasuk tipe kepribadian yang mana? Tuliskan tipe kepribadian anda di kolom komentar, atau SHARE hasil tesnya di Facebook anda!

Punya Pertanyaan Tentang Kepribadianmu?


Leave a Comment


Sebelum membahas tentang karakter, ada bagian yang tidak kalah pentingnya untuk dibahas terlebih dahulu, yaitu kepribadian manusia. Mengapa hal ini penting? Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya. Dengan memahami kepribadian seseorang berarti kita telah menyingkat waktu untuk berusaha mengerti dan memahami orang lain, karena kita dapat memahami seseorang lebih mudah dengan memperhatikan kepribadiannya.

Seringkali konflik terjadi hanya karena suatu hal yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan. Hal ini terjadi karena ketidakpahaman seseorang untuk mengenali dan memahami satu rahasia ini, apa itu? Kepribadian manusia!

Ada banyak cara untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang melalui tes kepribadian. Namun secara umum tipologi kepribadian manusia ada 4 macam, meskipun ada banyak sekali teori yang menggunakan istilah berbeda, tetapi polanya tetap sama. Tes kepribadian adalah sebuah tes yang meneliti tentang jenis kepribadian seseorang dalam banyak aspek, termasuk aspek emosi dan kognitif. Selain itu tes kepribadian ini juga dapat digunakan untuk mengukur cara pengambilan keputusan pada seseorang.

Saat ini bisa dikatakan tes kepribadian sedang marak. Semakin banyak perusahaan dan organisasi, bahkan sekolah-sekolah yang rela membiayai staf atau siswa mereka untuk mengikuti tes kepribadian. Hal ini disebabkan karena tipe kepribadian dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku, berelasi dengan orang lain, dan menanggapi berbagai macam situasi.

Sebenarnya tes kepribadian ini tidak bersifat mutlak. Tes kepribadian ini merupakan suatu pengetahuan praktis, dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, kita akan menggunakan tes kepribadian yang umum dipakai oleh para terapis keluarga, manajer ataupun para praktisi di bidang Human Resource Department (HRD) dalam menganalisis kepribadian seseorang.

Tes kepribadian ini membagi manusia menjadi 4 tipologi dasar, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis atau istilah lainnya Dominance, Influence, Steadiness dan Conscientiousness atau disingkat DISC. Masing-masing tipologi kepribadian ini terdapat dalam diri setiap manusia, hanya saja dalam aplikasinya ada yang dominan dan ada yang kurang terlihat.

Tidak ada pribadi yang dilahirkan sama persis antara satu dengan yang lain. Berbagai studi menyatakan bahwa setiap anak dilahirkan dengan kepribadian yang unik, dan kemudian baru dibentuk oleh lingkungan disekitarnya. Meskipun demikian, faktor yang paling dominan adalah kepribadian mereka yang dibawa semenjak lahir.

Mungkin anak yang satu supel dan mudah bergaul, sementara yang lain lebih pendiam dan suka menyendiri. Mungkin yang satu ingin diperhatikan secara terus menerus, sementara yang lain tidak mempermasalahkan hal itu. Oleh karena itu, karakter-karakter yang dimiliki anak jelas akan sangat mempengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Kepribadian bukanlah karakter. Kepribadian adalah takdir, sebab setiap orang tidak bisa memilih kepribadian saat hendak dilahirkan, sedangkan karakter baik dan buruk adalah nasib. Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Nah dari ke 4 kepribadian tersebut, masing-masing kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap aspek kehidupan sosial dan pribadi. Lalu, karakternya dimana?

Saat manusia belajar untuk menumbuhkan kebiasaan baru yang positif, memperbaiki dan mengatasi kekurangannya, inilah yang disebut dengan karakter. Contohnya, seorang koleris tetapi sangat santun dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain, atau seorang yang sanguin mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam keadaan yang membutuhkan fokus, perhatian, dan ketenangan. Itulah yang disebut karakter!

Karakter adalah pemberian pandangan tentang berbagai macam nilai hidup, seperti kepedulian, kejujuran, kecerdasan, dan sebagainya. Itu semua adalah pilihan dari masing-masing individu yang perlu dibina dan dikembangkan.

Karakter bukanlah bawaan sejak lahir dan tidak dapat diubah lagi, sama seperti halnya sidik jari. Karakter tidak dapat diwariskan, karakter tidak dapat ditukar, dan karakter tidak dapat dibeli. Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar, bertahap, melalui hari demi hari dengan suatu proses yang tidak instan.

Seringkali orang-orang dengan karakter buruk cenderung untuk menyalahkan keadaan mereka. Mereka menyatakan bahwa mereka dibesarkan dengan cara yang salah, akibat perlakuan orang lain, kesulitan keuangan, atau kondisi lainnya yang menjadikan mereka seperti sekarang ini. Memang benar, dalam kehidupan seringkali kita harus menghadapi banyak hal di luar kendali diri kita, namun karakter anda tidaklah demikian. Karena karakter anda adalah hasil pilihan anda sendiri.

Sekarang setelah anda mengetahui macam-macam tipologi kepribadian, masih ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui, bahwa dari 4 macam tipologi kepribadian ini tidak ada satupun yang lebih baik daripada lainnya.

Dalam diri kita masing-masing memiliki kadar yang berbeda dari 4 tipologi kepribadian ini, ada unsur Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis. Hanya saja kepribadian kita dibentuk oleh bagian yang paling dominan dalam diri kita, itulah yang membedakan kita dengan pribadi yang lain.

Kadar atau variabel perbedaan dari setiap kepribadian inilah yang membuat kita menjadi pribadi yang unik. Tidak ada satu orangpun yang memiliki komposisi sama persis, semuanya berbeda. Dan satu hal yang paling penting, bahwa tidak ada yang baik dan buruk disini. Yang ada hanyalah kita tidak dapat menjalin suatu komunikasi dengan orang lain karena kita tidak dapat memahami persepsinya.

Ketahuilah bahwa karakter akan menjadikan anda sebagai seorang pribadi yang memiliki nilai tambah, dan anda mempunyai potensi untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter lebih dari apapun. Karakter akan menjaga segala sesuatu yang anda hargai dalam hidup ini.

Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya sendiri. Anda tidak dapat menyalahkan orang lain apabila anda memiliki karakter yang buruk, karena karakter anda adalah tanggung jawab anda sepenuhnya. Mengembangkan karakter adalah suatu tanggung jawab pribadi.

Semoga bermanfaat.