Ingin Tahu Apa Tipe Kepribadianmu?

Terkadang kepribadian manusia bisa menjadi sebuah misteri. Seringkali kepribadian manusia itu disalahpahami, menjadi bidang stres yang memengaruhi produktivitas dan kebahagiaan seseorang. Tetapi meskipun kepribadian manusia itu rumit, namun dapat diprediksi.

Kepribadian manusia tidaklah hitam dan putih, itulah sebabnya dalam tes psikologi kepribadian DISC ini tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 4 macam, yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Setiap orang memiliki perpaduan yang sangat unik. Masing-masing dari tipe kepribadian ini mempengaruhi kehidupan seseorang dalam banyak aspek, seperti tindakan, cara berkomunikasi, bagaimana menghindari konflik, dan banyak lagi.

Dengan memahami tipe kepribadian seseorang, kita dapat mengambil langkah proaktif untuk menempatkan orang itu pada lingkungan dimana mereka akan merasa nyaman, mendekati dengan cara yang mereka suka, membuat mereka bereaksi positif, dan lebih memahami tindakan seseorang.

Tes psikologi kepribadian DISC ini adalah aplikasi yang sederhana dan akurat untuk memahami kepribadian seseorang, yang telah banyak digunakan dalam aplikasi bisnis dan personal selama lebih dari 30 tahun.

Tes ini telah membantu banyak orang membuka kunci dalam kehidupan mereka untuk menemukan hubungan yang lebih baik, resolusi konflik, motivasi, pengembangan diri, dan banyak lagi. Pahami kepribadian anda sekarang, dengan mengikuti tes kepribadian ini secara GRATIS!!

Yuk Mulai Tes!

0%

Pernyataan Ini Mewakili Diri Saya

Peryataan Ini Serupa Dengan Saya

Peryataan Ini Serupa Dengan Saya

Berikut Ini Mendeskripsikan Diri Saya

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diri Saya

Pernyataan Ini Cocok Dengan Diri Saya

Pernyataan Ini Mewakili Diri Saya

Mirip Dengan Keseharian Saya

Hal Ini Paling Mendekati Diri Saya

Hal Ini Mencerminkan Diri Saya

Pernyataan Ini Sesuai Dengan Diri Saya

Mirip Dengan Keseharian Saya

Hal Ini Mencerminkan Diri Saya

Tes Psikologi Kepribadian
Aku Seorang Dominance

Tipe kepribadian ini cenderung bersifat tegas dan tidak suka basa-basi. Mereka sangat independen dan ambisius. Dalam pemecahan masalahnya mereka melakukan pendekatan yang aktif dan cepat menyelesaikan masalah. Orang dominance sangat menyukai tantangan dan persaingan, yang seringkali dipandang sebagai orang berkemauan keras. Oleh karena itu mereka menginginkan segala sesuatu sesuai dengan kemauan mereka.

Orang dominance cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi, berani mengambil risiko, dan seorang problem solver. Mereka cenderung mementingkan diri sendiri dan tidak suka diperintah orang lain. Tipe kepribadian ini sangat aktif dalam menghadapi masalah dan tantangan. Mereka digambarkan sebagai penuntut, kuat, egosentris, berkemauan keras, ambisius, agresif, dan perintis.

Dominance mewakili tipe kepribadian yang cenderung memimpin. Mereka adalah pemimpin yang hebat. Dalam setiap kegiatan mereka selalu muncul dan mengambil kendali dalam kegiatan itu. Mereka lebih suka memimpin daripada mengikuti, dan memiliki kecenderungan untuk menjadi seorang pemimpin yang dinamis.

Mereka cenderung menjadi orang yang dominan, tidak pernah menyerah, berani mengambil keputusan, seorang risk taker, dan memilki kemampuan problem solving yang baik. Individu ini cenderung argumentatif atau suka membantah, dan juga seringkali bosan dengan rutinitas, namun cenderung inovatif dan suka akan tantangan. Mereka harus menemukan gunung untuk didaki, atau sebuah proyek untuk dikerjakan, sebagai tantangan untuk memotivasi mereka. Mengerjakan beberapa hal sekaligus adalah hal yang biasa bagi mereka.

Ingin tahu lebih banyak tentang kepribadianmu? KLIK DISINI!
Aku Seorang Influence

Tipe kepribadian ini suka bercanda, senang berteman, cenderung emosional, dan pandai mempengaruhi orang lain melalui bicara dan aktivitasnya. Mereka digambarkan sebagai orang yang meyakinkan, memiliki daya tarik, politis, antusias, persuasif, hangat, demonstratif, mudah percaya, dan optimis.

Orang influence suka menghibur orang lain dan bersifat sosial. Dalam penyelesaian masalah atau mengerjakan sesuatu, mereka banyak mengandalkan keterampilan sosial. Mereka bersifat interpersonal, senang berpartisipasi dalam kelompok, dan suka bekerja sama. Keterbukaan sikapnya membuat orang lain memandang dirinya sebagai pribadi yang gampang bergaul dan ramah. Biasanya pribadi seperti ini memiliki banyak teman.

Influence merupakan karakteristik kepribadian yang antusias dan juga optimis. Mereka merupakan individu yang cenderung impulsif, sangat bersahabat dan peduli terhadap orang lain. Orang dengan kepribadian ini cenderung kreatif, mampu memotivasi, dan merupakan seorang peace maker, namun cenderung lebih mengutamakan popularitas dan tidak terlalu perhatian terhadap sesuatu yang bersifat detail.

Mereka adalah tipe orang yang emosional karena mudah mengungkapkan emosi kepada orang lain. Emosional disini artinya bukan mudah marah, tetapi mudah mengungkapkan isi hatinya. Mereka lebih merasa nyaman berurusan dengan emosi daripada hal lain, cenderung rileks atau santai, dan mempunyai hati yang besar karena sangat menyukai orang. Sayangnya, kadang kala mereka cenderung bertindak sebelum berpikir, dan kurang memiliki ketegasan sehingga mereka sering diperalat oleh orang lain.

Ingin tahu lebih banyak tentang kepribadianmu? KLIK DISINI!
Aku Seorang Steadiness

Tipe kepribadian ini menginginkan keamanan, kecepatan yang tetap, dan tidak suka perubahan mendadak. Mereka adalah individu yang tenang, santai, sabar, posesif, mudah ditebak, stabil, konsisten, dan cenderung bermimik wajah tanpa emosi.

Orang steadiness adalah orang yang berkeras hati, gigih, dan sabar. Mereka mendekati dan menjalani kehidupan dengan memanfaatkan standard yang terukur dan stabil. Pada umumnya, mereka tidak begitu suka kejutan. Pribadi steadiness ini tidak banyak menuntut dan bersifat akomodatif. Mereka sangat ramah dan memperlihatkan kesetiaannya kepada mereka yang ada disekitarnya. Mereka sangat menghargai ketulusan.

Steadiness merupakan karakteristik kepribadian yang posesif, pendengar yang baik, cenderung stabil, mau memahami orang lain, dan juga bersahabat. Merupakan individu yang reliable, dan dapat diandalkan, baik dalam membereskan konflik atau masalah. Mereka suka dengan rutinitas karena hal ini membuat mereka merasa nyaman. dan sangat suka membantu orang yang ada dalam kesulitan.

Mereka adalah tipe orang yang jujur, mengatakan apa adanya dan berharap orang lain melakukan hal yang sama. Orang lain memandang mereka sebagai pribadi yang tenang, berhati-hati, dan konsisten dalam menjalani kehidupan. Mereka memiliki tingkat ketabahan yang luar biasa, dapat mempertahankan fokus mereka dalam jangka waktu yang lama dibandingankan orang lain. Namun kepribadian ini cenderung sulit melihat prioritas, dan seringkali merasa tidak aman akan suatu hal.

Ingin tahu lebih banyak tentang kepribadianmu? KLIK DISINI!
Aku Seorang Compliance

Tipe kepribadian ini biasanya patuh pada peraturan dan struktur. Mereka suka melakukan pekerjaan yang berkualitas dan melakukannya dengan benar pada kali pertama. Mereka adalah orang yang berhati-hati, tepat, rapi, sistematis, diplomatis, akurat, dan bijaksana.

Orang compliance adalah orang yang teliti, sangat tertarik pada presisi dan akurasi. Mereka menyukai segalanya serba teratur dan jelas. Dan mereka sangat fokus terhadap fakta, selalu menginginkan adanya bukti. Mereka sangat menghargai peraturan, dan tidak suka melanggar peraturan. Dalam beraktivitas pun mereka juga menggunakan sistematis dan aturan-aturan agar semuanya terkelola dengan baik. Mereka sangat kuat dalam memegang prinsip.

Compliance merupakan karakteristik kepribadian yang akurat, dan mampu berpikir secara analitis. Lebih berfokus pada fakta dan data, berpikir secara sistematis, dan cenderung berhati-hati. Selain itu, mereka mempunyai pemikiran yang kritis, dan dapat menganalisa suatu keadaan jauh lebih baik daripada tipe kepribadian lainnya. Mereka juga sangat konsisten dan idealis. Ingin menjadi yang terbaik, mencari yang terbaik, dan berusaha untuk mendapatkan yang terbaik.

Orang compliance biasanya sangat berbakat. Mereka sangat cerdas, salalu berfikir untuk mencari ide yang lebih baik, dan memiliki sikap sebagai seorang perfeksionis. Mereka sering tumbuh dengan mengembangkan gagasan yang telah ada dan membuat gagasan itu lebih baik. Mereka memiliki insting dan bakan sebagai penemu. Mengatasi konflik secara tidak langsung. Dihadapan orang lain, mereka cenderung dipandang pasif dan selalu mengalah.

Ingin tahu lebih banyak tentang kepribadianmu? KLIK DISINI!

Share your Results:

Bagaimana hasilnya? Apakah cocok dengan diri anda? Bisa dikatakan hasil tes tersebut hanyalah gambaran sekilas tentang tipe kepribadian anda. Jadi anda termasuk tipe kepribadian yang mana? Tuliskan tipe kepribadian anda di kolom komentar, atau SHARE hasil tesnya di Facebook anda!

Yuk Sharing Tentang Kepribadianmu Disini!


38 thoughts on “Ingin Tahu Apa Tipe Kepribadianmu?”

  1. Pendengar yang baik, mau memahami orang lain, bersahabat dan seringkali merasa tidak aman karena suatu hal.

    Reply
  2. Jadi, dengan apa yang saya baca disini memang relate dengan kepribadian saya tersendiri. Dikarenakan saya suka bersosialisi dengan berbagi, sharing dan juga menambah ilmu serta teman. Karena saya yakin bahwa setiap menambah teman, maka kita menambah sesuatu hal baru yang belum pernah saya miliki, nantinya akan memberikan dan mengajarkan beberapa pengalaman yang belum pernah saya alami sebelumnya. Dari sini saya banyak belajar dan belajar sehingga tidak jauh dengan kebiasaan saya untuk ingin memberikan suatu dampak bagi orang lain yang telah memberi saya sebuah inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan inovatif.

    Reply
  3. Saya orang yang optimis, suka bergaul, suka bercanda agar situasi lebih relaks, selalu memotivasi rekan-rekan yang ingin berkarier.

    Reply
  4. Sebagian besar sesuai dengan kepribadian saya terutama kehidupan pribadi, namun dalam pekerjaan kadang bisa berbeda dari kepribadian saya yang sebenarnya.

    Reply
  5. Saya orang yang ambisius, suka dengan tantangan dan hal baru. Perfeksionis dan memiliki keingintahuan tinggi terhadap sesuatu yang membuat saya tertarik.

    Reply
  6. Mudah beradaptasi, perfeksionis, tidak suka mememdam perasaan, cerewet, ceria, dan selalu ingin mencoba hal baru.

    Reply
  7. Mudah beradaptasi, pemalu, tidak mudah percaya sama orang lain, kadang suka egois, selalu mengedepankan orang lain, jujur, menghormati orang lain, suka dengan tantangan, tidak suka keributan, cinta damai, sopan dan santun.

    Reply
  8. Tentang kepribadian saya mudah berinteraksi dengan orang lain melalui hal positif, dan juga saya ingin menjadi motivasi bagi orang lain.

    Reply
  9. Yah aku orangnya seru, gampang bergaul, tetapi bergaul yang positif bukan negatif, dan aku orangnya suka khawatir sama orang lain maupun keluarga.

    Reply
  10. Saya mudah bergaul, terlalu banyak berpikir, suka menutupi kesedihan dengan tertawa, bahkan untuk hal yang tidak lucu.

    Reply

Leave a Comment


Tes psikologi kepribadian DISC ini adalah alat penilaian perilaku berdasarkan teori DISC dari psikolog William Moulton Marston, yang berpusat pada 4 sifat perilaku yang berbeda, yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Teori ini kemudian dikembangkan menjadi alat penilaian perilaku oleh industri psikolog Walter Vernon Clarke.

Marston adalah seorang pengacara dan seorang psikolog, ia juga berkontribusi pada tes poligraf pertama, menulis buku-buku bantuan mandiri dan menciptakan karakter Wonder Woman. Kontribusi terbesarnya untuk psikologi datang ketika ia menghasilkan karakteristik DISC.

Pada tahun 1928 setelah melakukan penelitian pada emosi manusia, Marston menerbitkan temuannya dalam bukunya berjudul Emotions of Normal People dimana ia menjelaskan bahwa orang mengilustrasikan emosi mereka menggunakan empat jenis perilaku, Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance.

Dia berpendapat bahwa jenis perilaku ini berasal dari kesadaran diri dan interaksi mereka dengan lingkungan. Ia memasukkan dua dimensi yang memengaruhi perilaku emosional seseorang. Dimensi pertama adalah apakah seseorang memandang lingkungannya sebagai menguntungkan atau tidak baik. Dimensi kedua adalah apakah seseorang merasa dirinya memiliki kontrol atau kurangnya kontrol atas lingkungannya.

Meskipun Marston berkontribusi pada penciptaan penilaian DISC, tetapi dia tidak menciptakannya. Pada tahun 1956, Walter Clarke, seorang psikolog industri, membangun penilaian DISC menggunakan teori Marston tentang model DISC. Dia melakukan ini dengan menerbitkan Activity Vector Analysis, daftar periksa kata sifat dimana dia meminta orang-orang untuk menunjukkan deskripsi yang akurat tentang diri mereka. Penilaian ini dimaksudkan untuk digunakan dalam bisnis yang membutuhkan bantuan dalam memilih karyawan yang memenuhi syarat.

Sekitar 10 tahun kemudian, Walter Clarke Associates mengembangkan versi baru dari instrumen ini. Itu disebut Self Description. Alih-alih menggunakan daftar periksa, tes kepribadian ini memaksa responden untuk membuat pilihan antara dua atau lebih istilah. Analisis faktor penilaian ini ditambahkan ke dukungan instrumen berbasis DISC. Deskripsi Diri digunakan oleh John Geier untuk menciptakan Personal Profile System yang asli pada tahun 1970-an.

DISC telah digunakan untuk membantu menentukan arah tindakan ketika berhadapan dengan masalah sebagai tim kepemimpinan - yaitu, mempertimbangkan berbagai aspek dari setiap jenis ketika memecahkan masalah atau menugaskan pekerjaan.

You have Successfully Subscribed!