Apa Bedanya Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan?

Apa Bedanya Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan?

Banyak orang tua mengeluh dan mengatakan bahwa membesarkan anak laki-laki lebih sulit daripada anak perempuan. Namun, tidak sedikit pula kaum ibu yang mengatakan bahwa justru membesarkan anak perempuan lebih sulit daripada anak laki-laki. Anak laki-laki itu praktis, anak perempuan itu ribet. Manakah yang benar?

Pada dasarnya, mendidik anak laki-laki dan perempuan bukan perkara mana yang lebih sulit, melainkan perbedaan dalam cara menangani dan membesarkannya. Apabila kita sudah tahu kuncinya maka tidak ada yang sulit dalam menangani dan membesarkan anak laki-laki atau perempuan.

Sebenarnya apa yang membuat anak laki-laki dan perempuan itu berbeda? Apakah perlakuan kita kepada mereka yang pada akhirnya akan membuat mereka berbeda? Terhadap anak perempuan, biasanya kita berlaku lebih halus, bicara lebih santun, dan tidak gampang berperilaku kasar.

Sementara terhadap anak laki-laki, kita bisa saja begitu bertemu langsung “tos”, bicara sambil teriak, menepuk-nepuk bahu atau sentuhan fisik yang bersahabat. Mungkinkah perbedaan perlakuan ini yang lalu menjadikan mereka berbeda, atau barangkali karena memang pada dasarnya mereka sudah berbeda?

Berdasarkan kajian riset yang dilakukan oleh para pakar, termasuk riset yang dilakukan oleh UNICEF (badan PBB yang bertugas mengurusi masalah anak-anak) sebetulnya kita tidak bisa mengelak dari fakta bahwa membesarkan anak laki-laki cenderung lebih sulit daripada perempuan.

Anak laki-laki memiliki problem kesulitan belajar lima kali lebih besar daripada anak perempuan dan problem perilaku di sekolah sepuluh kali lebih besar dibandingkan anak perempuan.

Sementara, penyelidikan pada orang dewasa menunjukkan bahwa pria dewasa terlibat empat kali lipat angka kecelakaan lebih banyak daripada wanita, demikian pula banyak hasil penelitian mengatakan bahwa laki-laki cenderung lebih ceroboh dibandingkan wanita.

Baiklah mari kita perhatikan terlebih dulu proses perkembangan anak saat baru dilahirkan. Pada tahap-tahap awal kelahiran sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara bayi laki-laki dan bayi perempuan, baik dalam hal fisik, tingkah laku (misalnya, sama-sama menangis kalau lapar, atau mengompol) begitu pula cara belajar berjalannya pun juga sama.

You have Successfully Subscribed!