4 Rahasia Menjadi Orang Baik

4 Rahasia Menjadi Orang Baik

Kesabaran dapat membuat kita terhindar dari masalah, dan berlaku baik akan membuat hidup kita beruntung dan disukai oleh orang lain. Orang yang baik hatinya, akan mudah diterima dilingkungan mana pun, karena mereka melihat anda baik dan itu baik untuk mereka. Bahkan orang yang jahat pun suka dengan orang yang baik.

Apa sih orang baik itu? Apa yang harus kita lakukan agar menjadi baik?

Kata baik hati atau orang baik, sering terasa abstrak, terasa umum dan tidak spesifik. Sama seperti kata stress. Ada orang yang sedang marah disebut stress, ada orang sedang sedih disebut stress, ada orang yang merasa kecewa juga disebut stress.

Sebenarnya stress adalah tekanan karena kelebihan beban yang kita rasakan, beban tersebut bisa dari dalam atau dari luar (pekerjaan), dan stress sangat berbeda dengan marah, kecewa, atau sedih.

Sebenarnya unsur kebaikan dapat kita uraikan menjadi empat. Mari kita pelajari hal ini agar lebih mudah untuk dilakukan dan diprektekkan.

1. Kelembutan

Ketika anda bertindak dengan kebaikan, maka anda akan berhati – hati dalam cara anda memperlakukan orang lain, tidak akan berlaku kasar. Anda akan mudah peka, lembut dan bila ingin mengatakan hal-hal yang keras, anda akan berusaha sedapat mungkin membuat teguran yang sangat halus dan sopan.

2. Kesediaan Membantu

Kebaikan hati berarti anda memenuhi kebutuhan saat itu, saat diperlukan. Apabila itu adalah pekerjaan rumah tangga maka anda akan membantu dan ikut sibuk dengan apa yang perlu anda kerjakan dan bantu. Telinga yang mau mendengar? Anda mau memberikannya, dengan kesungguhan.

Kesediaan membantu adalah sikap yang bukan asal kerja, tetapi sikap yang memotivasi dirinya untuk selangkah lebih maju, mau belajar memenuhi kebutuhan orang lain walau kebutuhannya tertunda untuk dipenuhi.

3. Kerelaan

Kebaikan akan menginspirasi anda untuk bersikap mau mengalah, rela dan dengan penuh bijaksana untuk membantu kebahagiaan pihak lain. Bukannya bersikap penuh ego, keras kepala dan mempersulit kondisi yang sebenarnya mudah, tetapi sikap yang fleksibel dan berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik serta berusaha untuk kompromi.

You have Successfully Subscribed!