4 Hal Ini Akan Membuat Jiwa Anda Lebih Indah

4 Hal Ini Akan Membuat Jiwa Anda Lebih Indah

Ketika kita berbicara tentang jiwa, ini adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Ibarat komputer ada istilah hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak), maka jiwa manusia adalah softwarenya.

Lalu, otak tarmasuk software atau hardware? Otak adalah hardware, tetapi isi pikirannya adalah software. Setiap orang memiliki hardware yang sama, tetapi softwarenya saja yang berbeda.

Ibarat anda memiliki sebuah smartphone (hardware), ketika anda akan menggunakan sebuah apilikasi (software) baru, maka harus ada proses update terlebih dahulu di smartphone anda.

Setelah mengikuti proses update maka smartphone anda akan berkerja lebih baik dan maksimal. Sama halnya dengan isi kepala kita, jika selalu diupdate maka hidup kita akan lebih baik dan efektif.

Dari otak kita akan menuju ke hati, dimana emosi bermuara. Biasanya kita dapat merasakan dentuman emosi di dalam dada. Dalam dunia kedokteran jika mengatakan hati, maka posisinya bukan di dada tetapi di daerah samping perut. Tetapi kali ini kita akan membahas hati yang mampu merasakan emosi.

Pernahkah anda bertemu seseorang yang baik hatinya, bukan karena ada maunya tetapi memang kesehariannya seperti itu? Orang yang baik hatinya akan memancarkan kebaikan dan orang disekitarnya pun juga dapat merasakan kebaikannya.

Ingat, kebaikan itu adalah perasaan yang dirasakan bukan dilihat dan diamati saja. Syarat sebuah kebaikan adalah bisa dirasakan. Nah untuk membentuk hati yang baik ada 4 kebiasaan yang perlu anda lakukan dalam hidup.

Sama seperti tubuh yang atletis, pasti ada kebiasaan dan disiplin untuk memperolehnya bukan? Untuk sesuatu yang baik dalam hidup anda tidak ada hal yang ajaib dan tiba-tiba terjadi, semua butuh proses dan upaya, termasuk membentuk hati yang baik.

1. Hati yang Terbuka dan Jujur

Yang paling penting adalah jujur dan terbuka terhadap diri anda sendiri.

  • Apa yang anda mau?
  • Apa niat anda?
  • Apa tujuan anda?

Bicarakan dalam hati anda secara jelas, karena jika anda jelas dengan diri anda maka tindakan anda juga akan jelas. Untuk hal yang satu ini anda perlu menjawabnya sendiri, tidak perlu meminta jawaban dari orang lain.

You have Successfully Subscribed!