Menjadi Pribadi Yang Dapat Dipercaya

Menjadi Pribadi Yang Dapat Dipercaya

Percaya dan setia adalah salah satu dari bentuk karakter yang baik. Karakter yang perlu ada dan dikembangkan secara terus-menerus seperti pelajaran yang dilatih seumur hidup kita. Secara umum tidak mudah untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain.

Untuk percaya seringkali butuh jaminan, “Apa buktinya dapat dipercaya?” Katakanlah anda hendak pinjam uang di bank, maka bank akan akan minta jaminan dari anda, dan itu saja terkadang belum cukup masih di analisa ini dan itu, sehingga bank percaya kepada anda bahwa anda bisa membayar tagihan yang kelak diberikan.

Beberapa waktu yang lalu, ada saudara yang hendak pinjam uang kepada saya. Adik saya memberi informasi bahwa ada saudara yang hendak pinjam uang, lalu reaksi saya adalah bertanya “Bagaimana orang ini?” Karena saya tahu betul mereka berdua dekat relasinya, dan adik saya pun seakan menjadi penjamin bagi saudara ini.

Tetapi beberapa kasus, seseorang dengan predikat baik yang tidak butuh uang malah mendapat banyak tawaran pinjaman uang karena bisa dipercaya. Kepercayaan sangat penting dalam sebuah hubungan. Anda tidak bisa membangun apapun tanpa adanya kepercayaan. Kepercayaan membuat anda bisa diandalkan.

Tetapi tahukah anda bahwa yang namanya kepercayaan adalah akibat? Kalau percaya adalah akibat pasti ada sebabnya. Anda benar, sikap percaya adalah buah dari sikap setia. Hanya orang yang setia yang akan memperoleh kepercayaan. Anda bisa renungkan ini, dan pikirkan lagi dalam benak anda.

Kenapa tidak ada kepercayaan dalam hidup seseorang? Setidaknya ada 6 aspek yang membuat tingkat rasa percaya kepada seseorang rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.

1. Terlalu sering bercanda atau sering menanggapi sesuatu dengan tidak serius. Bercanda itu perlu, tetapi tempatkan pada porsi yang tepat, bukan di segala suasana. Pandailah menempatkan diri dan cermat dalam memberikan respon.

2. Janji-jani yang tidak ditepati. Sangat penting untuk menepati semua ucapan yang anda janjikan, karena kepercayaan akan dibangun dari perkataan anda. Semakin anda banyak mengobral janji tetapi tidak bisa menepati, maka orang lain sangat yakin anda tidak dapat dipercaya.

You have Successfully Subscribed!