Biarkan Anak Anda Berbeda

Biarkan Anak Anda Berbeda

Perbedaan kadang dianggap sebuah keanehan. Padahal, sepanjang hal tersebut bernilai positif, bisa jadi itu malah merupakan sebuah talenta luar biasa yang akan mampu jadi bekal bagi masa depan anak.

Kita sebagai orangtua sering resah, ketika minat dan bakat anak kita berbeda dari teman-temannya. Ketika teman-teman mereka suka sekali bermain bulu tangkis atau bola, anak kita justru sibuk dengan kegiatannya meneliti serangga.

Seringnya hal yang berlaku umum disukai oleh umum, membuat kita sebagai orangtua gamang apakah harus mengikuti minat dan bakat anak-anak kita. Bahkan tanpa sadar, sering pula kita mematikan minat dan bakat mereka yang kita anggap aneh.

Padahal sejatinya, sebuah mawar yang indah di antara kumpulan bunga mawar lainnya yang sama-sama indah, tidak akan terlihat keindahannya. Justru yang terlihat berbeda di antara mawar itu adalah bunga melati. Sosok yang unggul adalah sosok yang berani tampil beda. Seorang pemimpin melakukan hal yang berbeda yang akhirnya diikuti oleh pengekornya.

Banyak hal yang harus kita lakukan sebagai orangtua untuk membuat anak-anak kita merasa nyaman dengan apa yang mereka lakukan itu, sehingga mereka pun dapat berkembang dengan bakat uniknya. Apa saja yang harus kita lakukan?

1. Buka Wawasan Kita
Membuka wawasan kita sebagai orangtua tentu akan membuat kita paham seperti apa perbedaan yang akan melesatkan potensi anak kita. Cobalah bergabung dengan komunitas orangtua yang memiliki anak-anak dengan minat dan bakat berbeda, sehingga kita paham bagaimana menangani anak-anak kita lebih baik lagi.

2. Jangan Sampai Mereka Bingung
Anak-anak ketika mencintai apa yang menjadi minat mereka, mungkin tidak begitu peduli kalau apa yang mereka lakukan berbeda dari yang lain. Tetapi semakin besar, mereka akan paham bahwa mereka berbeda. Dan itu yang akhirnya membuat mereka gamang dengan apa yang mereka lakukan. Yang perlu kita lakukan adalah bergabung dengan mereka dan mencari tahu hal positif yang mereka lakukan. Sehingga, mereka tidak merasa sendiri dan patah semangat dengan apa yang mereka lakukan.

3. Cari Komunitas
Anak yang memiliki minat dan bakat berbeda akan merasa menjadi orang asing di lingkungannya. Maka sebagai orangtua, cobalah berusaha keras untuk menemukan komunitas yang tepat untuk anak-anak. Sehingga mereka sadar bahwa mereka tidak sendiri dengan minat dan bakat yang mereka miliki.