9 Ciri Anak Cerdas Yang Wajib Diketahui Orangtua

Sebagai orangtua perlu untuk selalu mendukung anak, serta mempelajari apa saja yang menjadi minat dan bakat anak. Orangtua bisa mencari tahu bakat anak mulai dari hal-hal yang disukai oleh anak.

Amati apa saja yang biasanya dilakukan anak di waktu luangnya. Perhatikan juga apa saja hal-hal yang membuat anak penasaran, dan sering ditanyakan oleh anak. Bakat anak tidak hanya terbatas pada melukis, menyanyi, dan bermain musik. Tetapi masih ada banyak bakat lainnya.

Setiap anak memiliki caranya sendiri dalam mengembangkan kemampuan yang ia miliki. Walaupun ada anak mempunyai bakat yang sama, namun bagaimana cara mengasah bakatnya pasti berbeda. Yang terpenting harus dilakukan orangtua adalah memberi anak kesempatan untuk mengembangkan bakatnya.

Seringkali orangtua merasa penasaran, apakah anaknya mempunyai tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi. Umumnya seorang anak tidak membutuhkan uji kecerdasan sebelum memasuki sekolah dasar.

Akan tetapi, untuk menguji kecerdasan intelektual anak sudah dapat dilakukan sejak anak berusia 3 tahun. Tingkat kecerdasan intelektual anak normalnya berkisar antara 85 hingga 115, karena itu seorang anak yang mempunyai kecerdasan intelektual (IQ) diatas 130 dapat dikategorikan sebagai anak jenius.

Dewasa ini masih banyak orangtua yang mengaitkan antara tingkat kecerdasan intelektual anaknya dengan keberhasilan dalam meraih kesuksesan kelak. Namun ada hal penting yang harus dipahami oleh orangtua, bahwa kecerdasan intelektual (IQ) hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan seorang anak.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca : Bahaya Bermain Video Game Pada Anak

You have Successfully Subscribed!