9 Cara Mengatasi Anak Tidak Tahu Diri

9 Cara Mengatasi Anak Tidak Tahu Diri

“Di meja makan ada kue bolu, sudah dibagi 4, jatah kamu satu ya” kata ibu kepada Dimas. “Biar Ayah, dan adik makan setelah mereka pulang. Yang satu lagi buat Ibu, jadi teman minum teh.” Tidak berapa lama kemudian, Ibu ke meja makan untuk ambil gelas dan dilihatnya kue bolu tinggal satu.

Terlalu kasar bila mengatakan kejadian ini sebagai tindakan tidak tahu diri jika terjadi di rumah. “Ah cuma kue bolu, berapa sih harganya? Hanya makanan saja? Ada makanan yang lain” Dan ada banyak alasan untuk menetapkan bahwa hal ini sepele. Tetapi, jika ini dibiarkan dan terjadi diluar rumah? Kebanyakan akan mendapat label tidak tahu diri.

Karena masih kecil, masalah kue saja bisa sepele. Jika dibiarkan terus masalah ini tidak sepele. Menyerobot antrian, buang sampah sembarangan, jalan di taman dan menginjak tanaman untuk mendapat “shortcut”, tidak tepat waktu, dan banyak hal yang batasnya dilewati. Tidak tahu diri.

Pernah suatu kali di depan pagar rumah saya, ada tamu tetangga yang memarkirkan mobil persis di pintu pagar saya. Sehingga saya tidak bisa keluar. Jujur saya jengkel, karena ada lahan parkir di depan rumah tetangga, yang tidak digunakan, tetapi mengapa parkir di depan pagar saya persis? “Dasar tidak tahu diri” jerit saya dalam hati.

Manusia saat lahir tidak disertai program tahu diri, yang namanya “Tahu Diri” harus dipelajari. Tahu diri dipelajari dengan mengetahui batasan-batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ini adalah pengertian mudahnya.

Awalnya, manusia harus tahu dan belajar mengenai batasan. Saat orang tahu batasan, maka orang akan berkata “Iya, dia orang yang tahu diri, tahu menempatkan dirinya.” Orang yang tahu diri akan mudah disukai dan diterima oleh sesamanya. Bagaimana mengajarkan anak agar tahu diri sedini mungkin?

Ada 9 prinsip, untuk mengajarkan konsep ini. Dan konsep tahu diri perlu ditegakkan dengan cara membuat batasan yang jelas. Maksud dari batasan yang jelas adalah, adanya aturan dan konsekuensi yang jelas dan tegas jika batasan dilanggar. Berikut panduan membuat anak tahu diri.

You have Successfully Subscribed!