Bisakah Hypnosis Mengubah Karakter Anak?

“Halo selamat pagi pak, saya Ibu Ani” suara diseberang sana yang cukup saya kenal. Saya kembali menanyakan kabarnya “hai bu ani, bagaimana kabarnya? Ada kabar apa nih Bu?” sapa saya ke bu ani. “Begini, saya mengucapkan terima kasih pak, Cindy sudah tidak ngomong kasar lagi dan sekarang sudah tidak maen tangan lagi” jawab Bu Ani. “Wah bagus Bu, apa yang ibu lakukan, sehingga Cindy berubah drastis?” tanya saya. “Hanya melakukan yang bapak sarankan, berbicara pada cindy pada saat dia tidur”.

Pembaca yang budiman, tehnik yang saya berikan kepada bu ani adalah Hypnosleep, ini adalah tehnik yang cukup mudah dan sangat ampuh untuk mengubah karakter anak. Saya akan bagikan caranya secara detil. Banyak kasus untuk anak usia 10 tahun kebawah, bahkan orang dewasapun (pasangan suami –istri), dapat menyelesaikan permasalahannya dengan hypnosleep.

Saya bagikan beberapa cerita singkat menangani masalah dengan menggunakan hynosleep. Rekan saya bu ani menelpon saya, dan berkeluh kesah jika anaknya cindy (3,5 tahun) memiliki perilaku agresif yang kurang menyenangkan. Ibu cindy adalah pemilik salon, karyawati yang bekerja disalon tersebut sering dipukul dan ditarik rambutnya oleh cindy. Jika cindy kesal maka, cindy akan memukul siapa saja yang berada didekatnya (terutama orang yang cindy kenal). Setelah melalui wawancara singkat melalui telepon, ternyata perilaku cindy diperoleh dari ibu ani sendiri, bu ani jika memarahi cindy maka dia memukul pahanya. Dan pola seperti ini di pelajari oleh cindy, jika dia sedang kesal maka dia akan memukul. Kemudian, saya mengajarkan tehnik Hypnosleep via telepon kepada ibu ani, serta meminta kepada ibu ani untuk merubah cara dia meluapkan emosi kepada cindy, serta memberikan beberapa nasehat untuk mengubah cara pandang bu ani terhadap tumbuh kembang anak. Selesai pembicaraan ditelepon, 5 minggu kemudian ibu ani menghubungi saya lagi. Ternyata perilaku memukul anaknya sudah hilang total hanya menggunakan  hypnosleep dan mengubah cara pandangnya terhadap tumbuh kembang anak. Tetapi ada hal lain yang dikeluhkan, “sekarang cindy kalo ngomong kasar pak” ungkap Bu Ani pada saya. “Kasar seperti apa?” tanya saya. “Kalo orang tidak mengerti maksud cindy, keinginan cindy tidak terpenuhi maka dia berkata goblok, bodoh”, jawab bu ani. Lalu saya mencoba mencari dari mana dia belajar perkataan itu, ternyata itu disebabkan karyawati ibu ani, yang sering bercanda dengan berkata kasar kepada sahabatnya dan cindy seringkali bermain dengan karyawati bu ani. Kemudian hal yang sama saya minta kepada bu ani untuk mengubah lingkungannya, beri pengertian kepada karyawatinya dan melakukan hypnosleep. Apa yang terjadi? 1 bulan kemudian, saya mendapat laporan cindy berubah drastis.

Rekan saya ibu mita, memiliki suami yang punya kebiasaan “ngelelet” kalo pagi sehabis bangun tidur, sehingga ibu mita sering terlambat jika sampai ditempat kerja. Setelah mencritakan dengan saya, saya menyarankan menggunakan hypnosleep. Esok harinya ibu mita merasa takjub keheranan. Karena suaminya berubah drastis, bangun tidur langsung mandi, tidak “ngelelet” lagi, dan berangkat kerja bersama.

Apakah hypnosleep? Pada dasarnya sama dengan hypnosis, tentunya anda mengerti proses hypnosis. Yaitu orang yang sadar, kemudian dengan tehnik induksi diturunkan tingkat kesadarannya dengan berfokus pada satu hal (suara terapis), sehingga mengalami relaksasi yang dalam diseluruh tubuhnya kemudian sugesti diberikan. Itulah proses yang terjadi pada hypnosis. Nah, proses hypnosleep adalah kebalikan hypnosis. Dalam hypnosleep kita menaikan kesadaran seseorang dari kondisi anak tertidur pulas ke kondisi Hypnosis (trance), kemudian sugesti diberikan pada saat kondisi Hypnosis (trance), kita naikan kesadarannya, kemudian diberikan sugesti dan setelah itu anak ditidurkan lagi. Nah, langkah – langkah dalam memberikan hypnosleep adalah:

1. Langkah awal adalah membuat sugesti yang akan anda sampaikan secara tertulis, agar kita tidak berpikir menyusun kalimat saat melakukan hypnosleep. Hendaknya pendek, singkat dan jelas. Perhatikan juga pemakaian kata yang tepat. Intinya adalah mengatakan apa yang kita inginkan dengan kalimat positif, hindari kalimat negatif (tidak, jangan, dll)

2. Amati jumlah tarikan napas subyek. Hendaknya 6-8 tarikan napas per menit. Ini untuk menjamin bahwa subyek tertidur pulas. Yang paling ideal adalah 6 – 7 tarikan napas per menit.

3. Dekati subyek dengan lembut untuk melakukan by pass terhadap pikiran kritisnya. Goyang tubuh subyek dengan memegang dagunya. Goyangkan sedikit ke kiri dan kanan sambil mengucapkan kalimat berikut dengan mantap disertai nada suara rendah dan datar “Ini ….. (nama anda atau mama atau papa) yang bicara. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

4. Jika subyek tertidur sangat lelap kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali  sehingga bisa menembus level pikiran bawah sadarnya. Lanjutkan “Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk atau ibu jari yang saya sentuh. Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

5. Setelah itu bacakan sugesti yang telah anda susun tadi 3 atau 4 kali untuk memastikan sampai ke bawah sadarnya.

6. Lalu tutup dengan kalimat berikut “Kalau saya berhenti bicara maka kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan mengingat apa yang baru saya sampaikan tapi kamu merasakan suatu perubahan dalam dirimu ketika bangun esok pagi dengan sangat segar. Sekarang tidurlah kembali dengan sangat nyenyak!”

7. Saat mengucapkan sugesti, hendaknya dengan suatu keyakinan bahwa apa yang kita ucapkan diterima dan dimengerti oleh anak. Keyakinan seperti apa yang saya maksud? Seyakin jika anda makan krupuk, maka krupuk tersebut pasti hancur didalam mulut anda.

8. Keesokan hari dan seterusnya berlakulah seperti telah terjadi perubahan (kelanjutan dari point no 7). Jika belum melihat perubahan nyata secara janganlah gusar dan berpikiran negatif. Biarkan proses perubahan terjadi di dalam lebih dahulu. Bila perlu anda ulangi hypnosleep lagi pada malam harinya dengan kata-kata yang sama.

9. Disamping sugesti yang diberikan lingkungan juga perlu dirubah untuk membantu perubahan anak serta memfasilitasi perubahan anak, lingkungan disini termasuk sikap ayah, ibu, pengasuh, serta. Misal anak suka berkata kasar, maka ciptakan lingkungan yang tidak ada lagi kata-kata kasar tersebut terucap.

10. Ketika ia mulai menunjukkan perubahan hindari penggunaan kata-kata “Kok tumben ya sekarang ngomongnya baik?” atau kata-kata semacam itu. Sebaliknya dukung dengan kalimat “Bagus makin hari belajar itu makin dapat berbicara dengan sopan ya?”

11. Untuk setiap kasus yang anda sugestikan beri waktu sampai terjadi perubahan baru beralih ke kasus yang lain.

Contoh sugesti untuk hypnosleep:

  • Semakin hari belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan
  • Mulai besok dan seterusnya kamu akan mudah bangun jam 6 pagi.
  • Semakin hari kamu makin sayang sama adik / kakak kamu.
  • Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk belajar berhitung
  • Semakin hari membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

Salam
Timothy Wibowo


Miliki 9 Rahasia Penting Dalam Membangun Karakter

Success Begins With Character

Temukan kebenaran mendidik anak dalam buku Success Begins With Character. Buku ini akan MENAMPAR anda dan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman, karena banyak hal yang mungkin saja selama ini anda pikir BENAR namun pada kenyataannya SALAH.

Buku ini akan melengkapi anda dari sisi paradigma dan ide pengajaran kreatif serta pembentukan lingkungan yang baik untuk pendidikan karakter.

Kini anda sudah bisa mendapatkannya secara online, hanya Rp 119.000
GRATIS Ongkos Kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Buku ini dicetak terbatas dan tidak dijual ditoko buku manapun, pemesanan buku hanya dapat dilakukan secara online melalui website kami. Grab fast, STOK TERBATAS!!

Klik Disini !!

Share This