Bisakah Hypnosis Mengubah Karakter Anak?


Bisakah Hypnosis Mengubah Karakter Anak?

“Halo selamat pagi pak, saya Ibu Ani” suara diseberang sana yang cukup saya kenal. Saya kembali menanyakan kabarnya “hai bu ani, bagaimana kabarnya? Ada kabar apa nih Bu?” sapa saya ke bu ani. “Begini, saya mengucapkan terima kasih pak, Cindy sudah tidak ngomong kasar lagi dan sekarang sudah tidak maen tangan lagi” jawab Bu Ani. “Wah bagus Bu, apa yang ibu lakukan, sehingga Cindy berubah drastis?” tanya saya. “Hanya melakukan yang bapak sarankan, berbicara pada cindy pada saat dia tidur”.

Pembaca yang budiman, tehnik yang saya berikan kepada bu ani adalah Hypnosleep, ini adalah tehnik yang cukup mudah dan sangat ampuh untuk mengubah karakter anak. Saya akan bagikan caranya secara detil. Banyak kasus untuk anak usia 10 tahun kebawah, bahkan orang dewasapun (pasangan suami –istri), dapat menyelesaikan permasalahannya dengan hypnosleep.

Saya bagikan beberapa cerita singkat menangani masalah dengan menggunakan hynosleep. Rekan saya bu ani menelpon saya, dan berkeluh kesah jika anaknya cindy (3,5 tahun) memiliki perilaku agresif yang kurang menyenangkan. Ibu cindy adalah pemilik salon, karyawati yang bekerja disalon tersebut sering dipukul dan ditarik rambutnya oleh cindy. Jika cindy kesal maka, cindy akan memukul siapa saja yang berada didekatnya (terutama orang yang cindy kenal). Setelah melalui wawancara singkat melalui telepon, ternyata perilaku cindy diperoleh dari ibu ani sendiri, bu ani jika memarahi cindy maka dia memukul pahanya. Dan pola seperti ini di pelajari oleh cindy, jika dia sedang kesal maka dia akan memukul. Kemudian, saya mengajarkan tehnik Hypnosleep via telepon kepada ibu ani, serta meminta kepada ibu ani untuk merubah cara dia meluapkan emosi kepada cindy, serta memberikan beberapa nasehat untuk mengubah cara pandang bu ani terhadap tumbuh kembang anak. Selesai pembicaraan ditelepon, 5 minggu kemudian ibu ani menghubungi saya lagi. Ternyata perilaku memukul anaknya sudah hilang total hanya menggunakan  hypnosleep dan mengubah cara pandangnya terhadap tumbuh kembang anak. Tetapi ada hal lain yang dikeluhkan, “sekarang cindy kalo ngomong kasar pak” ungkap Bu Ani pada saya. “Kasar seperti apa?” tanya saya. “Kalo orang tidak mengerti maksud cindy, keinginan cindy tidak terpenuhi maka dia berkata goblok, bodoh”, jawab bu ani. Lalu saya mencoba mencari dari mana dia belajar perkataan itu, ternyata itu disebabkan karyawati ibu ani, yang sering bercanda dengan berkata kasar kepada sahabatnya dan cindy seringkali bermain dengan karyawati bu ani. Kemudian hal yang sama saya minta kepada bu ani untuk mengubah lingkungannya, beri pengertian kepada karyawatinya dan melakukan hypnosleep. Apa yang terjadi? 1 bulan kemudian, saya mendapat laporan cindy berubah drastis.

Rekan saya ibu mita, memiliki suami yang punya kebiasaan “ngelelet” kalo pagi sehabis bangun tidur, sehingga ibu mita sering terlambat jika sampai ditempat kerja. Setelah mencritakan dengan saya, saya menyarankan menggunakan hypnosleep. Esok harinya ibu mita merasa takjub keheranan. Karena suaminya berubah drastis, bangun tidur langsung mandi, nga pake “ngelelet” lagi, dan berangkat kerja bersama.

Apakah hypnosleep? Pada dasarnya sama dengan hypnosis, tentunya anda mengerti proses hypnosis. Yaitu orang yang sadar, kemudian dengan tehnik induksi diturunkan tingkat kesadarannya dengan berfokus pada satu hal (suara terapis), sehingga mengalami relaksasi yang dalam diseluruh tubuhnya kemudian sugesti diberikan. Itulah proses yang terjadi pada hypnosis. Nah, proses hypnosleep adalah kebalikan hypnosis. Dalam hypnosleep kita menaikan kesadaran seseorang dari kondisi anak tertidur pulas ke kondisi Hypnosis (trance), kemudian sugesti diberikan pada saat kondisi Hypnosis (trance), kita naikan kesadarannya, kemudian diberikan sugesti dan setelah itu anak ditidurkan lagi. Nah, langkah – langkah dalam memberikan hypnosleep adalah:

1. Langkah awal adalah membuat sugesti yang akan anda sampaikan secara tertulis, agar kita tidak berpikir menyusun kalimat saat melakukan hypnosleep. Hendaknya pendek, singkat dan jelas. Perhatikan juga pemakaian kata yang tepat. Intinya adalah mengatakan apa yang kita inginkan dengan kalimat positif, hindari kalimat negatif (tidak, jangan, dll)

2. Amati jumlah tarikan napas subyek. Hendaknya 6-8 tarikan napas per menit. Ini untuk menjamin bahwa subyek tertidur pulas. Yang paling ideal adalah 6 – 7 tarikan napas per menit.

3. Dekati subyek dengan lembut untuk melakukan by pass terhadap pikiran kritisnya. Goyang tubuh subyek dengan memegang dagunya. Goyangkan sedikit ke kiri dan kanan sambil mengucapkan kalimat berikut dengan mantap disertai nada suara rendah dan datar “Ini ….. (nama anda atau mama atau papa) yang bicara. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata! Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

4. Jika subyek tertidur sangat lelap kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali  sehingga bisa menembus level pikiran bawah sadarnya. Lanjutkan “Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk atau ibu jari yang saya sentuh. Jika kamu dengar gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Kamu bisa dengar ….. (saya, mama, papa) namun tetap tutup mata!”

5. Setelah itu bacakan sugesti yang telah anda susun tadi 3 atau 4 kali untuk memastikan sampai ke bawah sadarnya.

6. Lalu tutup dengan kalimat berikut “Kalau saya berhenti bicara maka kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan mengingat apa yang baru saya sampaikan tapi kamu merasakan suatu perubahan dalam dirimu ketika bangun esok pagi dengan sangat segar. Sekarang tidurlah kembali dengan sangat nyenyak!”

7. Saat mengucapkan sugesti, hendaknya dengan suatu keyakinan bahwa apa yang kita ucapkan diterima dan dimengerti oleh anak. Keyakinan seperti apa yang saya maksud? Seyakin jika anda makan krupuk, maka krupuk tersebut pasti hancur didalam mulut anda.

8. Keesokan hari dan seterusnya berlakulah seperti telah terjadi perubahan (kelanjutan dari point no 7). Jika belum melihat perubahan nyata secara janganlah gusar dan berpikiran negatif. Biarkan proses perubahan terjadi di dalam lebih dahulu. Bila perlu anda ulangi hypnosleep lagi pada malam harinya dengan kata-kata yang sama.

9. Disamping sugesti yang diberikan lingkungan juga perlu dirubah untuk membantu perubahan anak serta memfasilitasi perubahan anak, lingkungan disini termasuk sikap ayah, ibu, pengasuh, serta. Misal anak suka berkata kasar, maka ciptakan lingkungan yang tidak ada lagi kata-kata kasar tersebut terucap.

10. Ketika ia mulai menunjukkan perubahan hindari penggunaan kata-kata “Kok tumben ya sekarang ngomongnya baik?” atau kata-kata semacam itu. Sebaliknya dukung dengan kalimat “Bagus makin hari belajar itu makin dapat berbicara dengan sopan ya?”

11. Untuk setiap kasus yang anda sugestikan beri waktu sampai terjadi perubahan baru beralih ke kasus yang lain.

Contoh sugesti untuk hypnosleep:

  • Semakin hari belajar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan
  • Mulai besok dan seterusnya kamu akan mudah bangun jam 6 pagi.
  • Semakin hari kamu makin sayang sama adik / kakak kamu.
  • Mulai besok dan seterusnya mudah bagi kamu untuk belajar berhitung
  • Semakin hari membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

Salam

Timothy Wibowo

Miliki Cara Jitu Dalam Membentuk Karakter Anak

Klik Disini !!

30 Comments

  1. Salam Pak Timothy

    Anak saya saat ini sudah berumur 7 tahun, sepertinya ada kesalahan dalam proses mendidik kami. Seperti istilah pendidikan karakter, telah terbentuk mental block. Apakah masih ada harapan untuk merubah dan mengatasinya? Maaf, pertanyaan saya sifatnya generik dan tidak menuju satu kasus khusus.

    Terima kasih pak, penjelasannya saya nantikan.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Bisa, sangat bisa jika mengerti cara mengatasi mental block.

  2. Salam Pak Timothy

    Saya mempunyai anak umur 10 tahun, dalam hal pendidikan sangat buruk, sudah 2 kali pindah sekolah, karena tidak naik kelas.
    Sudah saya bawa ke psikolog, disarankan untuk test IQ dan hasilnya 91.
    Setelah itu dilakukan terapi, sudah 7 kali terapi tetapi belum ada perubahan.
    Apa yang harus saya lakukan?

    Terimakasih Pak
    Saya tunggu sarannya

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Berikan cinta dan kasih sayang, serta terima dia apa adanya. Bisa jadi perilaku anak anda adalah pesan untuk mencari perhatian dari orangtuanya.
      Materi tentang cinta untuk anak ada di buku 7 Hari Membentuk Karakter Anak.

    • Yang saya igin tanyakan, bagaimana cara mengenali karakteristik anak didik kita? Seandaainya kita guru tersebut.
      Terima kasih.

  3. Pak, saya mau tanya.

    Anak pertama saya umurnya 6 tahun 7 bulan. Saat ini dia mau masuk SD negri, dia mempunyai kepribadian sanguinis melankolis. Dia anak yang ceria, suka bercerita tetapi cepat ngambek. Dia juga mudah marah kalau saya kasih tau sesuatu. Mungkin itu salah saya juga yang mudah marah kalau dia buat salah sedikit saja. Apa yang harus saya lakukan? Saya takut nanti di SD jadi sering ditegur gurunya karena kepribadian yang sanguinis atau suka cerita. Karena waktu TK dulu juga sering ditegur. Apakah dengan hypnosleep bisa? Kalau untuk saya, bagaimana ya cara lakukan hypnosleepnya?

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Bisa. Mulai besok dan seterusnya kamu adalah anak yang patuh dan mampu berbicara seperlunya di kelas.

  4. Saya senang sekali bisa membaca artikel ini. Ada hal yang ingin saya tanyakan.
    Bagaimana cara efektif mengendalikan emosi kita saat menghadapi anak yang mengabaikan perintah kita?

    Anak saya berusia 6 tahun 8 bulan SD kelas 1, dia sangat sulit bangun pagi bahkan untuk mandi sekali pun apalagi mengerjakan PR.
    Perlu waktu berapa lama hypnosleep bisa mengubah prilaku anak?

    Tolong di jawab ya Pak
    Terima kasih

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Perilaku bisa berubah sesaat itu juga, tergantung bagaimana anda menggunakan sugesti yang tepat. Anda bisa menggunakan “mulai besok dan seterusnya kamu mudah untuk bangun jam 6 pagi dan langsung bersiap-siap ke sekolah”.

  5. Anak saya 11 tahun penakut, dia tidak bisa ke kamar mandi dengan pintu tertutup, dan dia tidak bisa ke toilet umum.
    Saya tanya katanya takut hantu. Sugesti yang tepat untuk dia apa ya?

    Terima kasih

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Berikanlah sugesti “makin hari kamu berani dan berani melawan ketakutanmu terhadap kamar mandi”.

  6. Salam Pak Timothy,

    Saya ibu yang baru saja melahirkan, bayi saya baru berusia 25 hari.
    Tetapi saya punya kendala disini pak, bayi saya jika menyusu membutuhkan waktu 1 jam kadang lebih.
    Seperti tidak fokus menyusunya.

    Apakah sugesti seperti diatas bisa diberikan pada bayi seumur itu??

    Mohon penjelasannya pak.
    trima kasih.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Untuk hal ini coba konsultasikan kepada dokter anak bu. Kami tidak dapat memberikan saran terlalu jauh.

  7. Salam Pak Timothy.

    Saya baru mempunyai seorang putri yang saat ini usianya menginjak 7 tahun, dan dia sudah sekolah di SD kelas 1. Tetapi sejauh ini saya perhatikan, cara berpikir dia belum ada perubahan, masih seperti di TK dulu. Dia masih ingin bermain-main terus, tidak mau belajar, tetapi kalau hafalan dia cepat sekali Pak. Dia ingin selalu nomor satu, saya akui memang saya kurang perhatian sama dia. Karena saya kerja dari pagi sampai malam baru bertemu dia lagi. Di rumah pun papanya juga kurang perhatian, karena sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Apakah dia kurang merasa nyaman di rumah dan mencari sesuatu diluar sana ya Pak? Mohon bantuannya untuk dapat memberikan pendapat apa yang harus saya lakukan.

    Terima kasih.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Berikan perhatian dan cinta, lakukan itu saja dan fokus saat memberian perhatian dengan dia.

  8. Saya mau tanya, anak saya berumur 4 tahun sekarang sudah sekolah TK A dan baru 2 minggu terakhir ini kalau diantar ke sekolah dia tidak mau masuk (mau balik kerumah lagi). Bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau ke sekolah atau belajar?

    Terima kasih pak, jawabannya saya nantikan.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Munngkin ada hal yang tidak menyenangkan di sekolah, bisa jadi temannya menganggu atau gurunya secara tidak sengaja berperilaku tidak menyenangkan. Cobalah observasi dan cari tahu apa yang membuat anak tidak nyaman di sekolah.

  9. Salam Pak Timothy

    Saya baru saja memiliki seorang anak, saat ini berusia 7 minggu 2 hari. Masalahnya suami saya punya sifat malas yang luar biasa. Sulit bangun pagi, males melaksanakan ibadah, tidur siang lebih dari 2 jam dan selalu terlihat lelah, sehingga tidak bisa membantu saya merawat anak.

    Suami saya juga punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Bahkan menjemur anak setiap pagi pun sering ditunda-tunda hingga siang dan terlihat tidak semangat dalam bekerja mencari nafkah.

    Pertanyaan saya, apakah hypnosleep ini bisa saya aplikasikan kepada suami, agar kehidupan rumah tangga kami lebih sehat? Sugesti seperti apa yang baik untuk kasus seperti ini?

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Bisa, cobalah gunakan sugesti “semakin hari kamu semakin sehat, rajin, selalu bangun pagi dan disiplin dengan hal positif”.

  10. Saya seorang ibu muda berusia 30 tahun, mempunyai anak 1 orang perempuan usia 3,5 tahun sudah masuk paud 1 bulan lebih. Yang mau saya tanyakan kenapa anak saya tidak mau ikutan nyanyi dan ketika ditanya sama gurunya pun tidak bisa menjawab, pokoknya di dalam kelas hanya menonton guru dan teman-temannya yang lagi nyanyi, tidak ada sepatah kata pun keluar dari mulutnya. Sedangkan semua lagu atau gerakan dan lain-lain sudah bisa, sering dia nyanyikan di rumah, pokoknya berbanding terbalik dengan sikapnya di sekolah. Ini yang bikin saya jengkel dan kesel, kenapa tidak mau ditunjukan di sekolah kalau dia itu bisa. Yang mau saya tanyakan bagaimana sikap saya yang seharusnya supaya anak saya bisa berubah? Dan bagaimana cara memberi sugestinya? Terima kasih.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Dia hanya perlu belajar beradaptasi pada lingkungan sosialnya, tidak ada masalah. Beberapa anak ada yang mempunyai kepribadian seperti itu. Cobalah memberi sugesti “makin hari makin berani berteman dan bermain bersama dengan teman di sekolah”.

  11. Saya ingin bertanya, bagaimana melakukan hypnosleep kepada anak usia 4-5 tahun? Bagaimana membuatnya nyaman untuk mengikuti proses ini? Terutama mengajaknya melalukan apa yang kita minta, berbaring, memejamkan mata dan lain-lain. Saya sangat berharap melatih ini untuk saya dan anak saya. Semoga berkenan.

    Post a Reply
  12. Dear Pak Timothy

    Saya ibu bekerja, usia anak saya 6,5 tahun kelas 2 SD. Saya merasa dia sangat kesulitan mendapatkan pemahaman atas pelajaran yang diberikan oleh gurunya, di kelas dia tidak fokus, tidak memperhatikan guru. Sehingga setiap ulangan selalu mendapat nilai yang sangat kurang. Bahkan di kelas 1 berada di urutan paling bawah. Saya merasa di rumah dia terlalu bebas, hobi sekali ke warnet untuk main game online atau main playstation di rumah. Tidak mau belajar atau mengerjakan PR, sampai akhirnya saya emosi marah-marah sampai saya pukul baru dia mau menurut, itu pun hanya menyalin jawaban dari apa yang saya ucapkan tanpa mau usaha mencari sendiri di buku.

    Apakah hypnosleep dapat diterapkan kepada anak saya? Bagaimana bila tidak ada respon waktu saya minta untuk menggerakan jari? Apakah harus diulang lagi dari awal?

    Terima kasih pak, saya menunggu penjelasannya.

    Post a Reply
    • Pendidikan Karakter

      Bisa, tidak perlu diulang, langsung teruskan saja. Berikan kata-kata positif setiap saat bukan hanyaa saat hypnosleep saja.

  13. Dear Pak Timothy,

    Apakah hypnosleep itu bisa dilakukan secara bertahap? Maksudnya pada hypnosleep pertama, saya ingin memberikan sugesti agar adik saya rajin belajar. Kemudian hypnosleep berikutnya, saya ingin memberikan sugesti agar adik saya selalu bangun pagi. Apakah hypnosleep seperti ini dapat berhasil kedua-duanya? Ataukah harus dilakukan sekaligus? Saya mohon jawabannya Pak.

    Terima kasih.

    Post a Reply
  14. Saya mau tanya, apakah bisa ketika melakukan hipnosleepnya tidak hanya ketika tidur pulas di malam hari, tetapi ketika tidur pulas di siang hari?

    Terima kasih.

    Post a Reply

Leave a Reply