Ungkap Rahasia Karakter Anda Dengan Tes Kepribadian

Ungkap Rahasia Karakter Anda Dengan Tes Kepribadian

Sebelum membahas tentang karakter, ada bagian yang tidak kalah pentingnya untuk kita bahas terlebih dahulu, yaitu kepribadian manusia. Mengapa hal ini penting?

Karena kepribadian adalah dasar dari pembentukan karakter seseorang, dan pada bagian inilah seseorang memiliki kecenderungan untuk merespon terhadap segala sesuatunya.

Dengan memahami kepribadian seseorang berarti kita telah menyingkat waktu untuk berusaha mengerti dan memahami orang lain, karena kita dapat memahami seseorang lebih mudah dengan memperhatikan kepribadiannya.

Seringkali konflik terjadi hanya karena suatu hal yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan. Hal ini terjadi karena ketidakpahaman seseorang untuk mengenali dan memahami satu rahasia ini, apa itu? Kepribadian manusia!

Ada banyak cara untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang melalui tes kepribadian. Namun secara umum tipologi kepribadian manusia ada 4 macam, meskipun ada banyak sekali teori yang menggunakan istilah berbeda, tetapi polanya tetap sama.

Tes kepribadian adalah sebuah tes yang meneliti tentang jenis kepribadian seseorang dalam banyak aspek, termasuk aspek emosi dan kognitif. Selain itu, tes kepribadian ini juga dapat digunakan untuk mengukur cara pengambilan keputusan pada seseorang.

Saat ini bisa dikatakan tes kepribadian sedang marak. Semakin banyak perusahaan dan organisasi, bahkan sekolah-sekolah yang rela membiayai staf atau siswa mereka untuk mengikuti tes kepribadian.

Hal ini disebabkan karena tipe kepribadian dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku, berelasi dengan orang lain, dan menanggapi berbagai macam situasi.

Sebenarnya tes kepribadian ini tidak bersifat mutlak. Tes kepribadian ini merupakan suatu pengetahuan praktis, dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di sini, kita akan menggunakan tes kepribadian yang umum dipakai oleh para terapis keluarga, manajer ataupun para praktisi di bidang Human Resource Department (HRD) dalam menganalisis kepribadian seseorang.

Tes kepribadian ini membagi manusia menjadi 4 tipologi dasar, yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis atau istilah lainnya Dominance, Influence, Steadiness dan Conscientiousness atau disingkat DISC. Masing-masing tipologi kepribadian ini terdapat dalam diri setiap manusia, hanya saja dalam aplikasinya ada yang dominan dan ada yang kurang terlihat.


12 thoughts on “Ungkap Rahasia Karakter Anda Dengan Tes Kepribadian”

  1. Yth, Tim Pendidikan Karakter

    Mohon maaf jika salah untuk media comment ini dan mohon sedikit pencerahannya. Kami satu pasangan baru yang terbentuk dari 2 perbedaan segalanya, dari etnis, keyakinan, dan lain-lain. Dalam hal ini saya pribadi mohon pencerahannya dari tim pendidikan karakter, semoga dapat buat acuan solusi kedepannya.

    Tipikal kepribadian saya mungkin keras, namun karena saya terlalu mencintai dan sayang pada pasangan, saya lebih memimih untuk banyak diam dan selalu mengalah dalam banyak hal. Namun terkadang amarah yang terus terpendam dalam diri saya menjadikan suatu hal keributan, dan pasangan saya selalu membangkang untuk dinasehati dan lain-lainnya. Lebih banyak aturan yang harus diikutinya, dan terkadang dalam pertengkaran pasangan saya ini suka sekali dengan mengatakan “Sudah tau aku orangnya pemalas, pembangkang, tidak mau diatur, dan lain-lain. Kenapa juga mau dan jangan dipaksakan jika tidak mau.” Sikap ketus, pemarah, menyepelekan, mau menang sendiri, dan selalu marah. Jika ditanya apapun yang dikerjakannya pasti dijawab dengan ketus dan marah. Terkadang batin ini hendak melawan sekuat tenaga namun saya masih dapat mengontrol diri demi ketentraman dan keutuhan.

    Dalam hal ini saya mohon pencerahannya, khususnya untuk bisa menanggulangi semua beban dihati yang sudah semakin hari semakin memuncak.
    Terima kasih dan mohon pencerahannya.

    • Jika sesuatu diluar diri anda sulit untuk dirubah, maka ada baiknya anda mengatasinya dengan perubahan dalam diri anda. Anda yang harus berubah. Survey mengatakan 69% masalah dalam rumah tangga yang tidak selesai adalah karena usaha merubah pasangannya. Jika anda selalu tidak mendapatkan pintu jawaban yang terbuka untuk masalah ini, maka ada baiknya anda belajar mencari pintu itu di dalam diri, dengan kebijakan dan pemahaman anda yang baru. Rubah cara pandang anda dan belajarlah hal yang baru untuk mengatasi hal ini.

      Semoga bermanfaat.

  2. Assalamu’alaikum

    Terima kasih kepada Tim Pendidikan Karakter. Ilmunya luar biasa bermanfaat bagi anak kami, terutama kami sendiri sebagai orangtua. Keep it work, keluarga baruku ๐Ÿ™‚

    Rosalyna

  3. Yth, Tim Pendidikan Karakter.
    Peran pendidikan karakter memang sangat membantu para pengunjung via medsoc atau jejaring lainnnya (other nets) saya pribadi mendukung postingan dari tim Pendidikan Karakter dimana tiap-tiap postingannya memotivasi dengan baik.

    Memang perkataan yang baik, motivasi yang baik tidak akan ada gunanya jika tanpa perbuatan yang sesuai dengan motivasi dan perkataan tersebut, jadi untuk memperbaiki karakter seseorang harus dimulai dari dirinya sendiri.

    “Ada sebuah mitos buah tidak akan jauh dari pokoknya” memang banyak kita melihat seperti mitos tesebut, akan tetapi mitos tersebut hanyalah mitos. Yang ada adalah kemauan kita ‘ntuk mengubah pribadi kita agar menjadi pribadi yang berkarakter lebih baik dari sebelumnya.

    Semoga bermanfaat.

  4. Kalau memang karakter terbentuk oleh diri sendiri kenapa ada istilah buah jatuh tak jauh dari pohonnya

    • Itu ada ilmunya sendiri, namanya duplikasi. Anak secara tidak sadar akan menduplikasi sikap orangtuanya atau orang yang paling dekat dengannya.

  5. Kpd Yth. Tim Pendidikan Karakter saya haturkan ucapan terimakasih. Saya mendambakan realisasi pendidikan yang ideal dan tepat dan benar untuk para pelajar juga pendidik bangsa kita.

  6. Terima kasih sekali kami ucapkan kepada seluruh tim pendidikan karakter. Kami seorang yang ingin sekali menjadi ayah, ibu, dan guru yang berhasil mendidik anak kandung dan anak didiknya menjadi anak yang berkarakter kuat. Amin.

  7. Pendidikan karakter inspiratif, mendidik, menuntun orangtua untuk dapat mendidik putra putrinya menjadi anak yang berkarakter kuat. Sehingga membuat kita punya harapan untuk mengubah negeri ini menjadi negeri yang berkarakter kuat yang tidak mudah dihancurkan oleh negara lain. Betapa sedihnya hati ini, hanya karena datangnya internet, laptop, android, dan handphone, karakter para penerus negeri ini hancur. Semoga media ini akan banyak yang bergabung, minimal membacanya agar setitik harapan perubahan untuk negeri ini tercapai. Amin.

Comments are closed.

You have Successfully Subscribed!