Siapakah Guru Pendidikan Karakter?

Namun bagi sebagian keluarga, barangkali proses pendidikan karakter yang sistematis di atas sangat sulit, terutama bagi sebagian orangtua yang terjebak pada rutinitas yang padat.

Karena itu, seyogyanya pendidikan karakter juga perlu diberikan saat anak-anak masuk dalam lingkungan sekolah, terutama sejak play group dan taman kanak-kanak. Di sinilah peran guru, yang dalam filosofi Jawa disebut “digugu lan ditiru”, dipertaruhkan. Karena guru adalah ujung tombak di kelas, yang berhadapan langsung dengan peserta didik.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini.
Semoga bermanfaat.

Baca: Peran Pendidikan Karakter Dalam Melengkapi Kepribadian


6 thoughts on “Siapakah Guru Pendidikan Karakter?”

  1. Terima kasih, bagi saya sebagai guru SD artikel “Siapakah Guru Pendidikan Karakter?” ini sangat berguna sekali.
    Semoga Guru Indonesia semakin maju.

    Salam

  2. Setuju sekali dengan artikel ini, bagaimanapun pembentukan karakter sangat penting dalam membentuk jati diri seseorang, dan orangtua menjadi guru pendidikan karakter.

  3. Salam,

    Ya, guru yang paling berpengaruh adalah orangtua yang dekat dengan anaknya dalam arti bukan orangtua yang sebenarnya, melainkan yang dianggap orangtua bagi anak, apalagi jaman sekarang bisa jadi anak meniru karakter pegasuhnya daripada orangtuanya sendiri, karena itu mungkin pendidikan karakter harus ada bagi para pengasuh anak-anak,mudah-mudahan anak-anak kita akan memiliki karater yang cerdas baik secara spritual maupun intelektual.

    Terima kasih untuk artikel ini

    • Setuju sekali cuy. Setiap orang pasti punya kesalahan tetapi yang paling penting bagaimana menyikapinya dan tidak akan pernah mengulanginya lagi.
      Salam kenal empunya blog.

  4. Ya, guru pendidikan karakter adalah orangtua, guru dan lingkungan. Oleh sebab itu mari menerapkan pendidikan karakter secara sistematis dan berkelanjutan sehingga anak akan cerdas emosi dan akhirnya menjadi cerdas intelektual.

    Terima kasih untuk artikel ini.

Comments are closed.

You have Successfully Subscribed!