Pendidikan Anak Adalah Tanggung Jawab Orangtua

Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mewujudkan hal tersebut, dengan tentunya didukung penuh oleh trilogi pendidikan yaitu Guru, Orangtua, dan Masyarakat.

5. Humble

Hukum kelima dalam mendidik anak adalah sikap rendah hati. Sikap ini merupakan unsur yang terkait dengan hukum pertama untuk membangun rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah hati yang kita miliki. Kita adalah pengendali muatan pendidikan anak-anak kita. Sekolah hanyalah pembantu.

Dalam makna lain, sekolah adalah lingkungan yang memberi pengaruh pada anak-anak kita. Selain sekolah, teman-teman mereka, tetangga, media massa, media sosial, dan lain-lain. Semua memberikan pengaruh. Sebagai penanggung jawab pendidikan, kita mengendalikan pengaruh itu.

Anak-anak tidak mungkin kita isolasi dari pengaruh. Tetapi kita mengendalikan dampaknya. Itulah peran kita sebagai pengendali. Praktisnya bagaimana? Terlibatlah, jangan lepas tangan seperti orang mengirim baju kotor ke binatu.

Dampingi anak-anak belajar. Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan anak, sehingga kita tahu perkembangan pemahaman dan pikiran, serta tindak tanduk mereka. Jangan sampai terjadi, anak lepas dari pantauan kita. Kita baru sadar saat anak sudah jauh, dan kita tak sanggup lagi meraihnya.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca: Bagaimana Mindset Dapat Mempengaruhi Hidup Seseorang

You have Successfully Subscribed!