Macam – Macam Kepribadian Anak

Ciri-ciri anak dengan kepribadian melankolis yang sangat tampak adalah anak ini sangat teratur, suka kerapian, seringkali mereka secara akademis adalah anak yang cerdas dan pandai.

Anak melankolis sangat suka “mengontrol” semuanya sendiri. Terkadang menentukan pakaian yang akan dipakainya, makan apa sore ini, dan sebagainya. Mereka terkadang suka mengingatkan kita, jika keluar kamar lampu dimatikan, tv atau laptop dimatikan.


26 Comments on “Macam – Macam Kepribadian Anak”

  1. Saya mau bertanya bagaimana jika kepribadian saya koleris sedangkan teman saya melankolis, sanguin, plegmatis? Bagaimana cara saya bisa menyesuaikan diri dengan kebribadian yang berbeda-beda?

    • Untuk menjawab pertanyaan anda ini, ada baiknya anda membaca buku kami Success Begins With Character.

      Disana akan dibahas secara detail tentang setiap tipe kepribadian, mulai dari kelebihan, kekurangan, apa yang disuka atau tidak disuka, bagaimana cara berkomunikasi dengan setiap tipe kepribadian, dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga dapat melakukan tes untuk mengetahui kepribadian anda secara lebih jelas.

  2. Bagaimana cara mengetahui karakter saya? Saya orang yang berpendirian keras, jika saya ingin sesuatu saya harus pasti akan mendapatkannya, tetapi saya sangat benci melihat kamar berantakan. Saya juga seorang kutu buku, jika ada sesuatu yang membuat saya terganggu saya akan mengatakannya tanpa basa – basi. Apa kepribadian saya?

    • Dari sepintas cerita anda, tipe kepribadian anda adalah Koleris. Untuk mempelajari tentang karakter dan kepribadian lebih mendalam, anda dapat membacanya di buku kami Success Begins With Character.

      Di buku itu akan dibahas secara detail tentang setiap tipe kepribadian, mulai dari kelebihan, kekurangan, apa yang disuka atau tidak disuka, bagaimana cara berkomunikasi dengan setiap tipe kepribadian, dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga dapat melakukan tes untuk mengetahui kepribadian anda lebih jelas lagi.

  3. Bagaimana cara mengatasi anak berusia 4 tahun yang punya sifat semaunya sendiri dan susah diatur, agar lebih lunak dan mudah di didik? Satu lagi ada anak usia 4 tahun konsentrasi dalam menyimak orang berbicara kurang konsentrasinya mudah sekali teralihkan keadaan sekitar. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

  4. Saya mau share, teman saya punya anak asuh dan sekarang menginjak fase remaja. Si anak tersbut memiliki karakter pemalu dan tertutup. Sekarang ia baru masuk SMA, dan mengalami perubahan yang sangat drastis, membuat teman saya menjadi malas lagi menerima tinggal di tempatnya. Si anak tersebut juga punya kebiasaan keluyuran atau kumpul bersama teman-temannya, dan pulang dini hari. Sehingga membuat si anak tersebut telat masuk sekolah dan akhirnya mendapat sanksi. Saya sendiri juga bingung, bagaimana cara membuat si anak tersebut agar menjadi lebih baek?

    Salam
    Nadya

  5. Saya mau tanya, kalau orang yang memiliki sifat koleris itu sebetulnya bagus atau tidak untuk dijadikan pemimpin? Sementara disitu dijelaskan bahwa dia terlalu mengontrol sehingga orang lain tidak tahan.

  6. Selamat malam, saya mempunyai anak laki-laki yang usianya 17 tahun. Saat ini dia duduk di kelas 3 SMA. Anak saya ini adalah anak yang suka bergaul, temannya bervariasi dari usia dibawahnya, sebaya, juga diatas usia dia sendiri. Teman-temannya pun saya kenal semuanya, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Teman-temannya pun sering ngumpul di rumah dan bergadang sampai pagi ataupun menginap, terkadang mereka bergadang di luar atau di rumah teman yang lan. Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar anak tidak terlalu sering bergadang?

  7. Anak saya 1,5 tahun saat ini belum bisa bicara, tetapi bisakah saat usia tersebut kita mengetahui mengenai karakter yang dimiliki? Bagaimana cara mengetahuinya? Terima kasih.

  8. Jika anak terbiasa dengan pemberian hukuman, apakah kepribadiannya masih dalam 4 tipe kepribadian diatas?
    Atau ada ciri kepribadian lain? Lalu sejak usia berapa kepribadian anak bisa dilihat?

    Terima kasih

  9. Bagaimana cara mengatasi anak yang jika diberi arahan oleh guru les dengan nada keras, tatapan mata tajam, dia langsung down. Apakah ada pengaruh dari sikap dan cara berbicara pada anak? Jika kita di rumah sudah terbiasa berkata halus lalu tiba-tiba di tempat les menemui hal yang berbanding terbalik. Mohon sarannya

    • Ada pengaruhnya, anak akan stress dalam belajar dan belajar akan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Sebaiknya bantu anak untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, agar belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  10. Bagaimana caranya menghadapi anak remaja yang bersikap kukuh pada pendiriannya dan kadang tidak percaya diri, lebih percaya dengan teman-temannya daripada orangtua?

    • Fase remaja adalah fase dimana seorang anak merasa sentralnya ada di dalam dia. Di fase ini dia tidak butuh di”nasehati” tetapi dimengerti. Kenapa lebih cocok dan nurut atau percaya dengan temannya? Karena temannya bisa lebih mengerti dia. Sedangkan orangtua hanya memberi nasehat, dan nasehat itu mengkondisikan anak salah. Siapa yang mau disalahkan terus? Belajarlah hidup sejajar dan mengerti mereka, perlakukan mereka sebagai teman. Rebut perhatian mereka dari temannya, anda buktikan di rumah lebih nyaman daripada di luar dan di rumah ada cinta yang tulus dan mengerti akan dia.

  11. Bagaimana cara mengetahui bakat karakter anak saat anak usia 3 tahun ke atas, tetapi di bawah 5 tahun
    Terima kasih

  12. Mengapa pada saat anak kira-kira SD atau SMP dominan melankolis lalu setelah remaja dominan sanguinis?

    • Dari pemahaman kami, kepribadian biasanya cenderung menetap. Jika yang terjadi demikian maka ada kemungkinan adanya kebutuhan anak untuk diterima oleh kelompoknya, sehingga ada perubahan perilaku.

      Semoga ini bisa menjelaskan pertanyaan anda.

Comments are closed.