Inilah 5 Faktor Utama Penyebab Depresi Yang Sering Diabaikan

4. Merasa Tertekan Oleh Berbagai Kewajiban

Dalam situasi ini, orang-orang selalu berpikir apa yang seharusnya mereka lakukan dan tidak seharusnya mereka lakukan. Hasilnya, di penghujung hari mereka terbebani oleh sejumlah komitmen.

Orang-orang dengan pola pikir semacam ini mengkonsentrasikan pikiran mereka pada kepahitan dan frustrasi dan juga mempengaruhi perilaku orang-orang di sekitar mereka. Manusia modern adalah mahluk hidup yang membutuhkan variasi positif dalam menjalani hidup.

Dibutuhkan cara berpikir yang kreatif dan positif agar hidup tidak terasa begitu-begitu saja. Untuk lebih bahagia dan lepas dari rasa depresi dibutuhkan keahlian berpikir kreatif menghadapi hari-hari kehidupan.

Bertemu teman lama, orang baru, aktivitas baru, kebiasaan baru, baju atau perlengkapan baru, dan semua hal yang baru. Contohnya, bagaimana memotivasi anak sekolah? Mereka sudah terjebak rutinitas padat. Tali sepatu baru, asesoris baru, pensil baru, jaket baru, berkenalan lebih dekat dengan teman sekolah akan membuat hari-hari sekolahnya tidak seperti rutinitas.

5. Merasa Lemah

Permasalahan bagi orang yang mengalami depresi adalah mereka merasa tidak ada satu hal pun yang bisa memuaskan mereka. Bahkan ketika mereka menyadari mereka bisa memperbaiki mood mereka, mereka tidak melakukannya.

Nasihat yang mereka peroleh dari teman-teman dan keluarga dianggap tidak perlu dan tak berguna. Satu hal yang paling mereka rasakan adalah ketidakmampuan mereka untuk berharap, atau terinspirasi oleh sesuatu dan memperhatikannya.

Mereka menyadari seperti apa diri mereka dalam keadaan normal namun mereka tidak menyukainya. Mereka menyadari apa yang seharusnya mereka lakukan namun mereka tidak mampu melakukannya. Mereka menyadari apa yang orang lain inginkan dari mereka, namun mereka tak mampu memberikannya.

Mereka tidak berharap pada suatu waktu keadaan akan membaik. Mereka kehilangan harapan dan harapan perlahan hilang dari diri mereka. Pada titik ini, depresi tidak membiarkan mereka merasakan kebahagiaan dan optimisme.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Ini?

Semua bisa dimulai dengan menerima diri kita sendiri dan segala kekurangan kita. Jika kita tidak mampu mengatasi depresi seorang diri dan jika usaha kita tidak berhasil, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menerima kekurangan tersebut.

You have Successfully Subscribed!