Biarkan Anak Anda Berbeda

3. Cari Komunitas

Anak yang memiliki minat dan bakat berbeda akan merasa menjadi orang asing di lingkungannya. Maka sebagai orangtua, cobalah berusaha keras untuk menemukan komunitas yang tepat untuk anak-anak. Sehingga mereka sadar bahwa mereka tidak sendiri dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

4. Fokus ke Masa Depan

Fokus pada saat ini dan setahun ke depan akan membuat kita sebagai orangtua menjadi stres. Tetapi fokus pada tahun-tahun panjang di depan, sepuluh atau dua puluh tahun kemudian, akan membuat kita semangat untuk terus mendampingi mereka. Sebab sukses tidak datang dalam satu atau dua tahun kerja keras.

5. Jangan Dengarkan Kata Orang Lain

Hal yang paling menyulitkan tugas kita sebagai orangtua adalah kita terlalu banyak mendengarkan apa kata orang. Apa kata orang lain tentang anak-anak kita tidak diperlukan sepanjang hubungan kita dan anak-anak baik dan komunikasi terjalin dengan efektif. Kita tentu yang lebih paham tentang anak kita ketimbang orang lain.

6. Libatkan Pada Sebuah Kompetisi

Melakukan hal yang berbeda dari lingkungan, bukan berarti sendiri di dunia ini. Melibatkan anak dalam sebuah kompetisi akan membuat mereka yakin bahwa apa yang mereka lakukan bukan hal yang asing. Masih banyak orang lain yang juga melakukan hal yang sama dengan mereka. Sebuah kompetisi akan membuat anak-anak bergairah untuk melakukan apa yang sedang mereka lakukan.

7. Karena Mereka Istimewa

Bahkan andaikata di dunia ini, hanya anak kita yang melakukan hal yang berbeda, kita tetap harus memberi keyakinan pada anak kita bahwa mereka tetap seorang yang istimewa di hati kita. Dan kita sebagai orangtua tidak akan pernah berhenti memberi dukungan untuk mereka. Hidup ini terlalu singkat untuk membuat anak kita patah semangat di tengah jalan.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca: Perlukah Menghukum Anak?

You have Successfully Subscribed!