Bagaimana Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Seseorang?

Di sisi lain jika anda melakukan suatu olahraga dengan perasaan tidak mampu karena disuruh orang lain atau untuk menerima pujian dari orang lain, maka walau alasan-alasan berolahraga tersebut mendorong anda untuk mengikuti olahraga tertentu, akan jauh lebih kecil kemungkinan untuk anda melakukan olahraga tersebut secara rutin dan aktif karena anda tidak melakukan untuk kesenangan diri sendiri.

Menurut penelitian, jika motivasi-motivasi tersebut yang mendasari anda untuk berolahraga, maka justru akan berdampak negatif pada kesehatan mental. Jadi apa alasan anda mengikuti suatu aktivitas olahraga?

Pilihlah yang anda suka dan merasa mampu melakukannya. Jika anda suka memiliki banyak teman, pilihlah aktivitas olahraga yang beregu. Intinya pilihlah olahraga yang sesuai dengan kenyamanan anda.

Membangun Kekuatan Mental

Membangun Kekuatan Mental

Kesehatan mental seringkali menjadi suatu hal yang diabaikan atau dilupakan banyak orang. Hanya dengan berolahraga tidak membuat sesorang bebas dari masalah kesehatan mental, ambil contohnya para atlet. Penelitian membuktikan bahwa setidaknya 35% atlet terkena masalah mental.

Kesehatan mental para atlet seringkali terancam karena karir yang sangat kompetitif bertahun-tahun lamanya. Bahkan atlet juga seringkali memiliki pemicu stres yang unik terkait karir, kemenangan, cidera, jauh dari rumah, dan lain-lain. Semua hal tersebut pada akhirnya mengarah pada Burn Out.

Burn out adalah kondisi dimana seseorang muak dengan apa yang dilakukan, ada kelelahan secara fisik dan emosional akibat ekspektasi dan kenyataan tidak sesuai yang diharapkan, juga kegagalan dalam memenuhi tuntutan dari orang lain.

Untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang sangat perlu membangun ketangguhan atau kekuatan mental. Ketangguhan mental adalah ketekunan dan keyakinan yang tidak tergoyahkan terhadap beberapa tujuan meskipun ada tekanan atau kesulitan.

Karena itu ketangguhan mental telah lama dihargai dalam olahraga, dan merupakan faktor penting dalam menentukan hasil dan kesuksesan olahraga. Seorang atlet dengan ketangguhan mental yang lebih besar mengatasi lebih efektif dengan kesulitan dan tekanan, memiliki peningkatan ketahanan dalam menghadapi tantangan dan memberikan kinerja yang lebih konsisten, kognitif dan fisik dalam olahraga.

You have Successfully Subscribed!