Bagaimana Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Seseorang?

Penelitian lain menyatakan bahwa olahraga dapat menanggulangi kecemasan. Dijelaskan bahwa ketika cemas tanda yang seringkali muncul adalah detak jantung kencang, pusing, dan berkeringat.

Hampir sama seperti ketika berolahraga, jantung berdetak lebih cepat dan nafas berat. Berolahraga pun menjadi salah satu cara membiasakan dan mengasosiasikan tanda-tanda cemas sebagai hal yang aman.

Ada penelitian juga yang membuktikan bahwa orang yang memiliki kecemasan tinggi dan jarang berolahraga lebih beresiko terkena gangguan panik daripada orang yang memiliki kecemasan tinggi tetapi lebih sering berolahraga.

Menciptakan Mental Yang Sehat

Menciptakan Mental Yang Sehat

Secara biologis, penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat meningkatkan mood karena aktivitas fisik secara alami meningkatkan endorfin dan enkephalin dalam tubuh. Dua senyawa tersebut membantu kinerja hormon dan dari hormon tersebut akan membuat anda merasa baik.

Namun jika hanya berpegang pada fakta tersebut, maka atlet adalah orang yang mentalnya paling sehat, padahal tidak juga bukan?

Seperti salah satu contohnya adalah atlet Michael Phelps, atlet renang dan olimpiade paling sukses sepanjang masa ternyata menderita ADHD dan depresi yang terputus-putus. Phelps bahkan berpikir untuk bunuh diri setelah Olimpiade 2012, dimana ia memenangkan empat medali emas dan dua perak.

Phelps sempat ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Ia mengaku bersalah mengendarai mobil ketika mengalami gangguan dan dijatuhi hukuman 18 bulan masa percobaan. Phelps pada akhirnya mengakui kesulitan-kesulitan yang ia hadapi.

Jadi bagaimana olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang juga dilihat dari bagaimana alasan atau motivasi seseorang untuk mengikuti suatu aktivitas olahraga. Karena dalam memilih aktivitas olahraga yang akan anda lakukan pasti ada pertimbangan dari pengalaman pribadi, budaya, dan sosial mempengaruhi mengapa anda mau mengikuti olahraga tertentu.

Anda akan merasakan manfaat olahraga untuk kesehatan mental ketika anda merasa mampu di bidang olahraga tertentu, lalu lewat olahraga anda merasa ada keterikatan dengan anggota tim, atau anda merasa bahwa olahraga yang anda pilih tersebut penting untuk anda.

Penelitian menunjukan ketika orang melakukan suatu olahraga dengan motivasi tersebut, orang akan merasa lebih bahagia, lebih puas, lebih banyak energi. Lalu ditambah dengan berolahraga juga membuat diri anda memiliki waktu untuk keluar dari rutinitas sibuk anda.

You have Successfully Subscribed!