9 Ciri Anak Cerdas Yang Wajib Diketahui Orangtua

5. Memperhatikan Detail

Memperhatikan Detail

Kecerdasan anak juga dapat dilihat dari kebiasaannya memperhatikan sesuatu secara detail. Anak cerdas biasanya senang memperhatikan hal-hal detail yang sering dilewatkan oleh orang lain. Dan seringkali mereka selalu ingin tahu bagaimana cara kerja sesuatu secara spesifik.

Selain itu anak cerdas umumnya menunjukkan ketertarikannya dengan banyak hal. Mereka tidak hanya tertarik pada permukaan saja, tetapi juga ingin mengeksplorasi minatnya hingga lebih dalam. Mereka akan mencari tahu dan bertanya tentang banyak hal yang diminatinya.

6. Suka Berimajinasi

Suka Berimajinasi

Suka berimajinasi merupakan salah satu ciri anak cerdas. Biasanya anak suka berimajinasi dengan menirukan hal-hal yang ada di sekitarnya, misalnya dengan membayangkan awan berbentuk burung, atau membuat gambar dengan cerita yang dibuatnya sendiri.

7. Berpikir Cepat

Berpikir Cepat

Anak cerdas memiliki kemampuan berpikir yang cepat, serta kemampuan menganalisa sesuatu dengan baik. Mereka lebih mudah dalam memahami suatu hal, dan bahkan dapat memberikan respons secara tepat.

Kemampuan anak dalam berpikir cepat ini merupakan ciri yang paling mudah untuk dideteksi dalam mengetahui tingkat kecerdasan seorang anak. Mereka dapat membaca buku hingga selesai dengan cepat dan memahami materi pelajaran yang diberikan dengan mudah.

8. Membaca Lebih Awal

Membaca Lebih Awal

Anak cerdas mempunyai rasa ingin tahu yang cukup tinggi terhadap segala sesuatu. Karena itu anda bisa memperkenalkan mereka dengan buku cerita bergambar yang sesuai dengan usianya, biasanya mereka akan penasaran dan ingin membaca sendiri buku tersebut. Secara alami, rasa penasaran itu akan mendorong anak untuk belajar membaca.

9. Mempunyai Bakat Seni

Mempunyai Bakat Seni

Anak yang memiliki bakat seni seperti menggambar dan menyanyi juga termasuk dalam kategori anak cerdas. Setiap anak mempunyai waktu masing-masing dalam menunjukkan bakatnya. Umumnya seorang anak sudah mulai menunjukkan bakatnya saat berusia 6 tahun.

Anak cerdas dengan keterampilan seni biasanya akan menyukai kegiatan yang bersifat kreatif seperti menggambar, bernyanyi, atau bermain musik. Ketika balita biasanya mereka mampu menggambar sesuatu dengan jelas atau menyanyi dengan nada yang tepat. Hal ini menunjukkan keseimbangan antara otak kiri dan kanan mereka.

You have Successfully Subscribed!