Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak Yang Sering Diabaikan Orangtua

Saat ini zaman telah berubah. Meskipun demikian, kecerdasan ini tetap terpelihara dengan baik, hanya bentuk aplikasinya yang agak berbeda. Penggunaan kecerdasan naturalis ini paling terlihat jelas dalam bidang ilmu biologi, botani, zoologi, dan entomologi. Ilmu ini mempelajari asal mula, pertumbuhan dan perkembangan, serta struktur makhluk hidup.

Meskipun Howard Gardner banyak berbicara mengenai kecerdasan spiritual namun hingga saat ini ia belum memasukkan kecerdasan spiritual ke dalam teorinya. Gardner tidak menggunakan istilah kecerdasan spiritual, ia menyebutnya sebagai kecerdasan eksistensial.

Alasan Gardner tidak menggunakan istilah kecerdasan spiritual karena makna kata spiritual sangat luas. Setiap aliran kepercayaan dan keyakinan memberikan makna yang berbeda pada arti kata spiritual.

Dengan memahami 8 jenis kecerdasan anak ini hendaknya dapat menyadarkan setiap orangtua bahwa kecerdasan anak itu tidak hanya diukur pada bidang eksak saja, tetapi mereka juga dapat memiliki kecerdasan di berbagai bidang yang lain.

Sayangnya sistem sekolah di Indonesia masih beranggapan bahwa kecerdasan linguistik dan logika-matematika jauh lebih berharga dari jenis kecerdasan yang lain. Paradigma ini bahkan telah tertanam di dalam benak para guru, orangtua, dan anak itu sendiri.

Mengenali jenis kecerdasan anak adalah langkah awal untuk mendukung minat dan bakat anak agar mereka dapat mengembangkan dirinya menjadi lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca : Apa Bedanya Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan?

You have Successfully Subscribed!