Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak Yang Sering Diabaikan Orangtua

Kecerdasan kinestetik tidak hanya meliputi gerakan tubuh semata, melainkan juga meliputi kemampuan untuk menggabungkan fisik dan pikiran untuk menyempurnakan suatu gerakan.

Orang yang telah berhasil melatih dan mengembangkan kecerdasan kinestetik mereka antara lain aktor, penari, ahli bela diri, dokter bedah, atlet, mekanik, penemu, dan siapa saja yang bekerja dengan menggunakan anggota tubuhnya secara ahli.

Kecerdasan kinestetik ini merupakan dasar dari pengetahuan manusia karena pengalaman hidup kita rasakan dan alami melalui pengalaman yang berhubungan dengan gerakan dan sensasi pada tubuh fisik.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis

Seorang anak dengan kecerdasan naturalis yang berkembang baik akan senang menjelajahi lingkungan alam dan lingkungan manusia dengan penuh ketertarikan dan antusiasme. Mereka suka mengamati, mengenali, berinteraksi, atau pedul dengan objek, tanaman, atau hewan.

Anak dengan kecerdasan ini mampu menggolongkan objek sesuai dengan karakteristik objek tersebut. Mereka mampu mengenali pola di antara spesies atau kelas dari objek.

Selain itu mereka juga suka menggunakan peralatan seperti mikroskop, binokular, teleskop, dan komputer untuk mempelajari suatu organisme atau sistem. Mereka senang mempelajari siklus kehidupan flora atau fauna, dan ingin mengerti bagaimana sesuatu itu bekerja.

Anak dengan kecerdasan naturalis ini biasanya tertarik untuk berkarier di bidang biologi, ekologi, kimia, dan botani. Mereka suka mempelajari taksonomi tanaman dan hewan. Selain itu mereka juga senang memelihara tanaman atau hewan.

Howard Gardner menambahkan kecerdasan naturalis ini ke dalam daftar Multiple Intelligence pada tahun 1995. Semula Gardner memasukkan kecerdasan naturalis sebagai bagian dari kecerdasan logika-matematika dan kecerdasan visualspasial.

Namun, setelah mengamati lebih mendalam dan dengan menggunakan kriteria yang telah ia tetapkan, akhirnya Gardner memisahkan kecerdasan ini sebagai satu kecerdasan yang berdiri sendiri.

Kita semua menggunakan kecerdasan naturalis saat kita mengenali orang, tanaman, hewan, dan benda yang ada di sekeliling kita. Selain itu kita juga dapat mengamati pola-pola dalam interaksi dan perilaku seperti keadaan cuaca dan perubahan-perubahan yang terjadi pada tanaman dan hewan.

Kecerdasan ini berkembang sebagai kebutuhan untuk hempertahankan hidup di alam bebas. Dulu saat manusia hidup dari berburu dan mengumpulkan buah atau tanaman untuk dimakan, manusia harus mampu mengenali keadaan cuaca, jenis hewan yang berbahaya atau tidak, dan jenis tanaman atau buah yang bisa dimakan atau tidak.

You have Successfully Subscribed!