Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak Yang Sering Diabaikan Orangtua

Kesulitan komunikasi biasanya berawal dari sini. Manusia mempunyai dua buah telinga dan satu mulut. Karena itu untuk bisa berkomunikasi dengan maksimal, gunakanlah indra ini sesuai proporsinya, yaitu lebih banyak mendengar daripada berbicara.

2. Kecerdasan Logika-Matematika

Kecerdasan Logika-Matematika

Seorang anak dengan kecerdasan logika-matematika yang berkembang baik mampu mengamati objek yang ada di lingkungan dan mengerti fungsi dari objek tersebut. Mereka mengenal dan mengerti konsep jumlah, waktu, dan prinsip sebab-akibat.

Anak dengan kecerdasan ini senang menguji hipotesis yang ada. Mereka senang menggunakan simbol-simbol abstrak untuk menjelaskan konsep dan objek yang konkret, serta memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah yang menuntut pemikiran logis.

Selain itu mereka juga mampu mengamati dan mengenali pola serta hubungan. Mereka sangat menikmati pelajaran yang berhubungan dengan operasi yang rumit seperti kalkulus, pemrograman komputer, metode riset, atau menggunakan teknologi untuk memecahkan persoalan matematika.

Anak dengan kecerdasan logika-matematika akan berpikir secara matematis dengan mengumpulkan bukti bukti, membuat hipotesis, merumuskan, dan membangun argumentasi yang kuat. Mereka biasanya tertarik dengan karier di bidang akuntansi, teknologi, hukum, mesin, dan teknik.

Banyak orang salah mengerti mengenai kecerdasan ini. Kebanyakan orang berpikir bahwa kecerdasan logika-matematika semata-mata hanya berhubungan dengan kemampuan berhitung.

Padahal kecerdasan ini sebenarnya mempunyai beberapa aspek, yaitu kemampuan melakukan perhitungan matematis, kemampuan berpikir logis, kemampuan memecahkan masalah, pola pikir deduksi dan induksi, serta kemampuan mengenali pola dan hubungan.

Walaupun kecerdasan logika-matematika ini sangat penting, namun tidak berarti kecerdasan ini lebih unggul daripada kecerdasan lainnya. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan pada setiap jenis kecerdasan terdapat proses logika dan metode pemecahan masalah yang spesifik, khusus untuk masing-masing kecerdasan.

Setiap kecerdasan mempunyai mekanisme pengurutan, prinsip-prinsip, sistem operasi, dan media yang tidak dapat diungkapkan oleh kecerdasan logika-matematika ini.

3. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal

Seorang anak dengan kecerdasan intrapersonal yang berkembang baik mampu menyadari dan mengerti arti emosi pada dirinya sendiri dan orang lain. Mereka mampu mengungkapkan dan menyalurkan perasaan dan pikirannya, serta mengembangkan konsep diri yang baik dan benar.

You have Successfully Subscribed!