7 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

“Di sekolah kita belajar bahwa kesalahan itu buruk dan kita dihukum karena membuat kesalahan. Tetapi, jika kita melihat bagaimana manusia dijadikan untuk belajar, kita belajar dari membuat kesalahan. Kita belajar berjalan saat terjatuh. Jika kita tidak pernah terjatuh, kita tidak akan pernah berjalan.”

Kunci lepas dari hambatan ini adalah cara nomor 1, pola asuh orangtua. Pahami dan terima anak apa adanya saat menemui kegagalan dan dukung terus sampai terbentuk “Mental Kebal” terhadap kegagalan. Kegagalan yang tidak diolah dengan baik oleh anak-anak sering kali berdampak menjadi trauma.

7. Pahami Kepribadian Anak

Pahami Kepribadian Anak

Inilah jebakan yang sering terlewatkan. Maksudnya? Setiap manusia yang lahir di dunia selalu dilengkapi dengan kepribadian (personality) dan kepribadian setiap manusia tidak bisa dipilih, karena sudah ada dari sananya.

Mengapa kita perlu membahas tentang tipe kepribadian manusia? Karena tipe kepribadian adalah bagian dari diri manusia yang sangat unik dimana kita memiliki kecenderungan yang cukup besar untuk merespon segala sesuatu.

Dengan memahami kepribadian anak berarti kita telah menyingkat waktu kita untuk menebak-nebak, berusaha mengerti dan memahami anak kita. Kita bisa jauh lebih mudah untuk memahami seseorang anak dengan memperhatikan tipologi kepribadiannya.

Kepribadian ini membagi manusia menjadi empat golongan yaitu Koleris, Sanguinis, Plegmatis, dan Melankolis.

Untuk lebih jelasnya tentang tipe kepribadian ini, anda bisa langsung membacanya pada artikel Macam – Macam Kepribadian Anak.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca : Inilah 2 Penyebab Utama Rendahnya Rasa Percaya Diri Pada Anak

You have Successfully Subscribed!