6 Keunggulan Pendidikan di Finlandia, Apa Yang Diutamakan?

Pembelajaran di sekolah berlangsung secara kolaboratif, tidak ada program akselerasi. Anak-anak dari kelas berbeda juga sering bertemu pada kelas campuran. Untuk siswa yang membutuhkan bantuan khusus pun tetap ditempatkan dalam program dan kelas yang sama.

Strategi itu terbukti berhasil, karena saat ini Finlandia adalah negara dengan kesenjangan pendidikan terkecil di dunia.

6. Sekolah Mulai Usia 7 Tahun

Di Finlandia anak-anak baru boleh sekolah ketika mereka berusia 7 tahun. Jika dibandingkan negara-negara lain bisa dikatakan usia tersebut cenderung lebih telat, tetapi hal ini justru karena pertimbangan terhadap kesiapan anak-anak untuk belajar.

Pada usia dini anak-anak didorong untuk lebih banyak bersosialisasi dan bermain. Mereka lebih mengutamakan belajar dalam bermain, menemukan jawaban sendiri, dan berimajinasi. Penilaian tugas pun tidak diberikan hingga kelas 4 SD, dan permainan interaktif ini masih mendominasi sistem pembelajaran di Finlandia hingga jenjang SMA.

Pelajar di Finlandia tidak pernah merasa terpaksa untuk belajar, karena mereka sudah terbiasa dalam menemukan cara belajar sendiri yang paling efektif bagi mereka. Dalam tes internasional Programme for International Student Assessment (PISA) pelajar umur 15 di Finlandia terbukti berhasil mengungguli pelajar lain dari seluruh dunia. Hal itu yang membuktikan efektifitas sistem pendidikan di Finlandia.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca: Biarkan Anak Anda Berbeda

You have Successfully Subscribed!