6 Keunggulan Pendidikan di Finlandia, Apa Yang Diutamakan?

6 Keunggulan Pendidikan di Finlandia, Apa Yang Diutamakan?

Menurut informasi terkini Finlandia menggunakan pedoman yang pernah disampaikan Ki Hajar Dewantara, Bapak pendidikan dari Indonesia. Simak dan pahami 6 informasi penting berikut ini.

Gunakan informasi ini untuk memperlengkapi dan menambah wawasan kita, bukan mencela sana sini. Bersama kita dapat membangun pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan itu dimulai dari sikap kita.

1. Guru Adalah Pekerjaan Paling Bergengsi

Penopang utama dari kualitas pendidikan di Finlandia adalah mutu guru-gurunya yang setinggi langit. Finlandia berinvestasi besar-besaran untuk meningkatkan mutu tenaga pengajarnya. Karena Finlandia paham bahwa guru adalah profesi yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi masa depannya.

Di Finlandia profesi sebagai guru adalah salah satu pekerjaan paling bergengsi, dan pendapatan guru di Finlandia juga dua kali lebih besar daripada pendapatan guru di Amerika. Mulai dari jenjang SD hingga SMA, semua guru di Finlandia diwajibkan memiliki tesis yang sudah dipublikasi dan memiliki gelar master yang disubsidi oleh pemerintah.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang intensif, pemerintah Finlandia memastikan adanya cukup guru dalam sistem pembelajaran. Bisa dipastikan untuk setiap 12 siswa di Finlandia akan ada 1 guru, dimana rasio ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain.

Dengan demikian guru dapat memberikan perhatian untuk setiap anak, tidak hanya mengajar dengan berdiri di depan kelas. Jika pendidikan di Indonesia ingin semaju Finlandia, maka guru-guru di Indonesia selayaknya juga harus mendapatkan dukungan seperti ini.

Bukan hanya dukungan berupa materi dari pemerintah saja tetapi juga dukungan berupa moral, semangat, dan perhatian dari pihak sekolah serta orangtua murid tentu akan sangat bermanfaat bagi upaya mereka yang luar biasa.

2. Tidak Perlu Ujian Nasional

Pemerintah Findlandia meyakini bahwa guru adalah orang yang paling mengerti tentang cara memberikan penilaian terbaik bagi siswa-siswa mereka, sehingga ujian nasional pun tidak diperlukan.

Dengan kualitas dan kredibilitas tenaga pengajar yang tinggi, pemerintah Finlandia menyerahkan tanggung jawab membentuk kurikulum dan evaluasi pembelajaran langsung kepada mereka. Para guru hanya mengikuti garis pedoman nasioal yang longgar.

You have Successfully Subscribed!