6 Cara Mendisiplinkan Anak

Selain itu kita juga belajar bagaimana menyampaikan pesan tentang disiplin kepada anak kita. Hal apa yang perlu mereka tangkap dan bagaimana kita menyampaikannya. Ajarkan pada anak agar setiap harinya bertanya kepada diri sendiri “Kemana saya menuju? Apakah saya lebih sehat, lebih bahagia, lebih makmur daripada tahun lalu?” Jika tidak, berarti kita perlu mengubah apa yang kita lakukan.

Disiplin bukanlah kata yang disukai semua orang. Dalam hal popularitasnya di Inggris, kata ini mungkin terletak kira-kira diantara kata dokter gigi dengan kata diare (Dentist, Discipline and Diarrhea, hal yang tidak diinginkan manusia pada umumnya). Padahal disiplin pada diri sendiri dapat menghasilkan segala perbedaan.

Disiplin diri dalam hal-hal kecil adalah belajar, bukan menonton TV. Hal ini akan menuntun pada suatu hal besar dan hasil yang lebih baik. Kunci disiplin diri adalah mengetahui MENGAPA kita menginginkan sesuatu.

Kalau kita mempunyai sasaran dan menabung untuk sesuatu, maka menabung akan terasa lebih mudah. Kalau kita mengetahui dengan jelas mengapa kita ingin memperbaiki nilai ujian, maka belajar akan lebih mudah.

Ketika kita mendisiplinkan diri sendiri, maka kita tidak perlu didisiplinkan oleh orang lain. Akibatnya, kita bisa mengelola kehidupan kita sendiri tanpa perlu disuruh.

Ketika kita tidak disiplin, maka pada akhirnya kita akan didisiplinkan oleh orang lain. Orang yang tidak sanggup mendisiplinkan diri sendiri seringkali ditempatkan dalam pekerjaan dimana mereka akan diperintah. Orang yang mutlak tidak dapat mendisiplinkan diri akan berakhir di penjara!

Semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi banyak orang, terutama para guru dan orangtua untuk mengambil tanggung jawab dalam membentuk karakter anak dan karakter bangsa di masa depannya, serta demi majunya pendidikan di Indonesia dan kehidupan yang jauh lebih berkualitas di negara kita yang tercinta ini.

Semoga bermanfaat.

Ingin tahu tipe kepribadian anda? Yuk coba tes kepribadian ini GRATIS!

Baca : Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak Yang Sering Diabaikan Orangtua

You have Successfully Subscribed!