6 Cara Mendisiplinkan Anak

Jadi kita dapat melihat contoh-contoh bahwa seperti itulah seharusnya disiplin dilakukan dan mungkin jika kita bertanya “Kalau saya dengan begitu saja bisa sukses seharusnya anak saya juga bisa dong.”

Dengan pemahaman seperti itu, semoga suatu hari memperoleh pencerahan sehingga apa-apa yang dilakukan di masa kecil anaknya itu tidak akan dimaknai dengan salah oleh sang anak.

Sebab yang lainnya adalah, karena kita belajar sepotong-sepotong dan kita tidak tahu cara yang lain. Satu-satunya cara yang kita tahu adalah itu dan akhirnya kita pakai terus cara tersebut sampai kapanpun.

Coba kita renungkan satu hal lagi, mari bersama-sama kita pikir seandainya kita dibesarkan dengan cara yang lebih positif, pasti hasilnya akan lebih baik lagi. Apakah kemungkinan sukses kita saat ini jauh lebih besar dari yang sekarang kita capai? Atau mungkin jauh lebih cepat dari yang saat ini kita capai, apakah ada kemungkinan itu?

Ya saja tentu ada, karena itu marilah kita menggunakan sebuah disiplin yang bisa membangun harga diri seseorang anak. Sehingga anak kita nantinya tidak harus menghabiskan waktu untuk mencari kepingan-kepingan puzzle di dalam dirinya yang tercerai berai akibat proses pendidikan dan proses pola asuh yang salah yang mereka alami waktu kecil.

Apa Dampak Dari Disiplin Negatif?

Apa Dampak Dari Disiplin Negatif?

Ada beberapa dampak dari disiplin negatif yang cukup merusak anak kita di masa depan, diantaranya:

1. Perasaan Bersalah
Jika seseorang punya perasaan bersalah maka mereka tidak akan bisa berpotensi secara maksimal. Perasaan salah yang berlebihan itu akan menyebabkan seseorang akan memiliki gangguan di pencernaannya, penyakit maag adalah salah satunya.

2. Sabotase Diri
Dimana pada saat kita ingin melakukan sesuatu dan kemudian hampir berhasil “Ah.. sudah deh tidak usah ribet, batal aja” dan sebagainya. Akhirnya batal lagi dan mengulang sesuatu yang lain lagi. Ketika suatu saat-saat hampir mencapai sukses “Sudah deh bubar, terusin sendiri aja” dan sebagainya. Itu adalah satu symptom dari menghukum diri sendiri.

You have Successfully Subscribed!