5 Cara Jitu Melatih Kekuatan Mental

Tidak puas terhadap kemampuan diri sendiri atau merasa diri masih kurang itu dapat memacu kita untuk lakukan yang lebih baik dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi seringkali juga “merusak” diri kita karena kritikan terhadap diri kita keras dan tidak memotivasi.

Berbicara kepada diri sendiri secara kritis tidak memotivasi. Itu tidak akan mendorong Anda untuk melakukan lebih baik atau mencapai lebih banyak. Sebaliknya, Anda akan menahan diri. Tidak berani menggali potensi diri lebih lagi karena merasa diri tidak cukup baik. Atau bahkan jadi takut gagal dan takut merasa sia-sia jadi tidak mencoba apapun.

Penerimaan terhadap diri sendiri adalah kuncinya untuk dapat melakukan yang terbaik dan dapat memaksimalkan potensi dalam diri. Salah satu cara untuk dapat mulai menerima diri sendiri dan memotivasi diri sendiri adalah melalui tulis surat.

Jadi, tulislah surat untuk dirimu yang dapat mengingatkan bahwa anda sudah berusaha yang terbaik apapun hasilnya dan ke depan anda dapat memperbaiki diri, serta berusaha lebih baik lagi.

Jika anda kesulitan mengetahui apa yang harus dikatakan, berpura-puralah anda menulis surat kepada temanmu yang sedang mengalami masa sulit. Kemudian, baca ulang surat itu kapan pun anda membutuhkan pengingat bahwa tidak apa-apa untuk menjadi tidak sempurna.

5. Mindfulness

Mindfulness

Sangat mudah untuk terjebak dalam rutinitas serta hiruk pikuk kehidupan sehingga anda merasa seperti anda tidak pernah benar-benar menikmati hidup di saat ini.

Apakah anda merasa hanya mengulangi peristiwa yang terjadi sebelumnya pada hari itu atau mengkhawatirkan apa yang perlu anda lakukan selanjutnya, sulit untuk menuangkan pikiran pada yang saat ini sedang anda lakukan.

Mindfulness dapat membantu anda merasa lebih hidup dan lebih hadir di aktivitas maupun kehidupan anda saat ini. Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari dimana kita berada dan apa yang kita lakukan saat ini, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan oleh apa yang terjadi di sekitar kita.

Setiap kali Anda membawa kesadaran pada apa yang anda alami secara langsung melalui indera anda, atau ke keadaan pikiran anda melalui pikiran dan emosi anda saat ini, anda menjadi perhatian. Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda melatih otak anda untuk menjadi sadar, anda benar-benar mengubah struktur fisik otak anda.

You have Successfully Subscribed!