4 Rahasia Mengatasi Depresi

Misalnya pada saat kita bertemu teman lama, kemudian bercanda. Saat dirumah kita berpikir cara bercanda kita kelewatan, lalu timbul pikiran bahwa teman kita tersinggung (padahal tidak), lalu perasaan bersalah ini kita bawa dalam keseharian hidup kita.

Ketika perasaan negatif semacam ini terus menerus muncul, bertahan lebih dari dua minggu, maka akan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari kita, seperti pekerjaan, diet, tidur, dan hubungan sosial kita.

Pada akhirnya kemungkinan besar kita akan mengalami depresi dan harus segera menemukan cara untuk mengatasinya. Karakteristik utama depresi adalah perasaan negatif dan kesedihan yang sangat mendalam dan terjadi dalam waktu yang lama.

Menurut Daniel K. Hall-Flavin MD, kontributor website Mayo Clinic, stres yang kronis akan berujung pada depresi jika emosi ini tidak ditangani dengan tepat. Terapi dan obat-obatan menjadi metode penyembuhan paling digemari, namun memodifikasi gaya hidup dan pola pikir juga sangat membantu seseorang mengatasi depresi.

Berikut ini adalah solusi praktis bagaimana mengatasi depresi agar tidak berujung pada depresi berkepanjangan.

1. Bercerita dan Minta Orang Lain Mendengarkan

Kalau uang bolehlah itu ditabung, tapi jika kita memiliki perasaan tertekan atau emosi negatif janganlah itu ditabung atau disimpan dihati kita. Share, berbagi kepada orang yang tepat atau kepada keluarga yang dapat dipercaya.

Cara ini sangat membantu kita untuk melepas beban emosi negatif yang terus mengganggu kita. Jika kita kesulitan untuk bercerita atau berbagi dengan sesama maka gunakan surat atau diary. Ini juga bermanfaat sama.

Saat kita mengungkapkan perasaan yang mengganggu kita, secara tidak sadar kita juga sedang mengurai energy negatif yang terjebak di dalam tubuh kita dan secara perlahan membuat diri kita menjadi lebih baik.

2. Belajar Menerima Diri Sendiri

Jika kita tidak mampu mengatasi depresi seorang diri atau jika usaha kita tidak berhasil, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menerima kekurangan tersebut.

Daripada mencoba mengubah hidup kita dengan paksa, kita harus menerima diri kita, dengan apa yang kita rasakan dan berkonsentrasi pada hal-hal yang kita mampu lakukan. Depresi akan lenyap namun kita tidak bisa memprediksi kapan depresi akan terjadi.

You have Successfully Subscribed!