12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Berdoa adalah cara untuk berkomunikasi dengan sang pencipta, dan mengajarkan berdoa adalah kewajiban setiap orang tua, baik itu melalui ucapan maupun tindakan. Doa orang tua untuk anaknya adalah doa yang sangat tulus, karena itu peluklah selalu anak anda dalam doa, dan doakan mereka agar tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Bimbinglah anak anda untuk berdoa dengan benar, mulai dari sikap dan cara berdoa yang baik. Ajarkan anak cara berdoa melalui kegiatan bersama dalam keluarga, dan rutinitas sehari-hari, serta biasakan anak untuk mengucap doa pada setiap kesempatan yang berbeda.

Anda bisa mengajarkannya mulai dari hal-hal sederhana, seperti doa sebelum tidur, doa sebelum makan, dan lain-lain. Pada kesempatan ini anda juga dapat menjelaskan makna dari doa yang diajarkan tersebut. Dengan demikian berdoa dapat menjadi salah satu bagian dari rutinitas anak yang akan terbawa terus hingga mereka dewasa nanti.

12. Butuh Proses

Butuh Proses

Salah satu tugas utama orang tua adalah menyiapkan generasi berikutnya yang dapat bersikap baik, dan santun antara satu sama lain. Dalam mengajarkan sopan santun, anda akan membutuhkan kesabaran, karena ini merupakan sebuah proses, dan mungkin membutuhkan waktu yang lama.

Jika sopan santun belum terbentuk dalam perilaku anak, tunggulah dengan sabar, dan tunjukan sikap yang baik. Hindarilah perasaan marah ketika mengkoreksi perbuatan anak, ini perlu anda lakukan agar dibenak mereka tertanam bahwa belajar sopan santun adalah suatu proses yang sangat menyenangkan.

Ingat, mengajarkan sopan santun tidak dapat dilakukan secara instan, karena ini adalah proses pembiasaan. Dalam membentuk suatu kebiasaan anak membutuhkan motivasi yang kuat, dan dukungan dari lingkungan keluarga.

Proses pembelajaran ini perlu dilakukan secara konsisten dan berulang-ulang hingga akhirnya tertanam menjadi suatu kebiasaan baru. Janganlah cepat menyerah ketika anda menemukan hambatan, atau belum mendapat hasil yang diinginkan. Seluruh proses tersebut memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi hasilnya sepadan dengan upaya anda.

Sopan santun adalah sebuah etika yang harus dimiliki ketika hidup di lingkungan sosial. Mengingat sopan santun adalah hasil didikan dari orang tua dan bukan bawaan sejak lahir, maka sebaiknya mengajarkan sopan santun dilakukan sejak anak usia dini.

You have Successfully Subscribed!