12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Cerita adalah salah satu media yang sangat efektif dalam mendidik anak, karena lebih mudah dimengerti. Ambilah kesempatan ini untuk menceritakan dongeng kepada anak saat menjelang tidur, pilihlah kisah yang menarik dari buku atau dongeng, dan tambahkan dengan imajinasi anda.

Kemudian ceritakan dongeng tersebut sambil mengenalkan karakter yang baik, dan memasukkan nilai-nilai sopan santun kepada anak. Anda bisa menyampaikan pesan moral dari tokoh dalam dongeng tersebut, dengan mengajarkan nilai-nilai budaya, seperti sopan santun, gotong royong, tenggang rasa, dan sebagainya.

Dongeng juga dapat mengembangkan daya imajinasi anak, dan merangsang kecerdasan emosional mereka. Apa saja yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita tersebut dapat menumbuhkan rasa empati dalam diri anak.

Cerita dan dongeng akan memberi suasana yang menyenangkan, sehingga nilai-nilai positif dalam cerita itu akan lebih mudah diingat dan tertanam dalam diri anak.

10. Kenalkan Dengan Agama

Kenalkan Dengan Agama

Kenalkan anak dengan agama semenjak dini. Karena pendidikan agama yang baik akan membantu memunculkan perilaku yang baik dan santun. Bagaimanapun agama adalah salah satu pilar yang sangat penting bagi manusia.

Melalui agama, anak bisa mengenal berbagai macam kebaikan, belajar sopan santun, membedakan mana yang baik dan buruk, serta menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif atau dilarang.

Nilai moral yang diajarkan dalam agama sangat penting untuk menumbuhkan kedewasaan, dan pembentukan karakter anak ketika besar nanti. Kenalkan agama pada anak dengan cara yang baik, dan menyenangkan.

Cara termudah untuk mengenalkan agama adalah dengan beribadah bersama anak atau mengikuti berbagai kegiatan, seperti pergi ke masjid, gereja, vihara, atau ke tempat ibadah lainnya.

Dengan demikian anak dapat belajar secara langsung tentang bagaimana kehidupan beragama di masyarakat. Karena dengan memahami ajaran agama secara benar nantinya akan membentuk sikap toleran terhadap sesama, dan perilaku peduli pada orang lain. Berikan contoh yang baik pada anak tentang nilai-nilai dasar kehidupan, dan lakukan hal ini secara konsisten.

11. Peluk Dalam Doa

Peluk Dalam Doa

Doa adalah salah satu bentuk keyakinan orang tua terhadap anaknya. Ketika anak anda tumbuh semakin dewasa, anda tidak bisa mengawasi mereka selama 24 jam sehari, dengan siapa mereka bergaul, dan apa saja yang mempengaruhinya.

You have Successfully Subscribed!