12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Sesibuk apapun kondisi anda di rumah cobalah untuk tetap memberi perhatian, dan respon atas perilakunya. Usahakan untuk tidak mengabaikan perilaku anak, karena jika merasa diabaikan mereka cenderung melakukan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan atau kurang sopan hanya untuk menarik perhatian orang tuanya.

Oleh karena itu berikanlah perhatian yang cukup kepada anak sesibuk apapun diri anda. Apabila anak anda sedang membutuhkan perhatian, cobalah untuk meninggalkan sejenak pekerjaan anda, dan luangkan waktu bersama mereka.

Bentuk perhatian pada anak bisa berupa waktu berkualitas, melakukan kegiatan bersama, ngobrol berdua, atau berikan hadiah ketika anak berperilaku baik dan sopan. Biarkan anak tahu bahwa anda peduli dengan mereka. Karena bentuk kepedulian anda akan membuat anak merasa istimewa, dan termotivasi untuk berperilaku baik.

8. Bermain Role Play

Bermain Role Play

Membiasakan anak untuk berperilaku sopan terkadang bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua. Selain memberi contoh, cara terbaik untuk mengajarkan sopan santun pada anak adalah lewat permainan.

Cobalah mengajak anak anda untuk bermain peran karena mereka biasanya senang sekali bermain peran dengan temannya. Selain menyenangkan, bermain peran juga dapat mengajarkan anak bagaimana berperilaku sopan ketika berinteraksi dengan orang lain.

Kenalkan anak dengan sikap sopan santun dalam bentuk permainan yang mereka sukai. Melalui kesempatan ini cobalah untuk melatih sikap sopan santun anak anda, karena ada banyak sekali nilai-nilai positif yang dapat anda tanamkan pada mereka.

Ajarkan pula bagaimana cara anak menyapa orang, menatap mata orang lain saat berbicara, tersenyum ketika berinteraksi dengan orang lain, dan bersikap hormat kepada orang yang lebih tua.

Ketika anak anda bersikap sopan dalam peran yang dimainkannya, pujilah sikap tersebut, dan tunjukkan bahwa anda sangat menghargainya. Apresiasi anda dapat menjadi motivasi bagi anak agar terus mempertahankan perilaku baik mereka di waktu mendatang.

9. Melalui Cerita & Dongeng

Melalui Cerita & Dongeng

Dalam mengajarkan sopan santun tidak hanya bisa dilakukan dengan memberi contoh dan nasihat, tetapi ada cara lain yang biasanya sangat disukai oleh anak, yaitu melalui cerita dan dongeng.

You have Successfully Subscribed!