12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Cara yang salah dalam memberikan pujian bisa membuat anak menjadi haus pujian. Hal ini bisa menjadi motivasi tersembunyi bagi anak untuk melakukan apa saja demi pujian, dan jika mereka tidak mendapat pujian seperti yang diharapkan maka bisa bermacam-macam akibatnya, misalnya marah, frustasi, dan kecewa.

Karena itu pujilah anak dengan kata-kata yang membangun, dan tidak diberikan secara berlebihan. Lalu bagaimana cara yang benar untuk memberikan pujian kepada anak? Pujilah pada proses bukan hasil, pujilah akan upaya dan usaha mereka.

Lakukan secara spontan setiap kali anak bersikap baik. Pada prinsipnya jika anak tidak tahu maka beritahulah mereka, jika anak sudah tahu dan melanggar maka tegurlah mereka, jika anak sudah tahu dan berubah maka pujilah mereka.

6. Lakukan Dengan Serius

Lakukan Dengan Serius

Belajar dari kesalahan adalah sesuatu yang baik. Ketika anak berbuat salah atau bertindak kurang sopan cobalah untuk mengkoreksi mereka. Koreksi ini akan membantu perkembangan anak dalam menjaga perilakunya.

Sampaikan teguran dengan cara bicara yang tenang agar anak lebih mudah untuk menyadari kesalahannya. Karena menegur dalam keadaan marah justru akan membuat anak cenderung bersikap defensif dan melawan.

Anda juga perlu berhati-hati agar koreksi tersebut tidak dilakukan di depan orang lain, karena hal ini dapat melukai harga diri anak. Dan yang paling penting, jika anak bertindak tidak sopan, jangan pernah menjadikan kesalahan itu sebagai bahan untuk bercanda.

Karena hal ini justru akan membuat anak sulit untuk memahami, dan mengerti arti sopan santun yang sebenarnya. Dengan menjadikan sebagai bahan lelucon, anak akan menganggap bahwa perbuatan yang dilakukannya adalah sesuatu yang lucu, dan itu membuat anak cenderung untuk mengulanginya.

Sebaiknya ingatkan anak dengan lembut ketika mereka berbuat salah, berikan perhatian yang cukup pada anak, dan ingatkan bahwa itu adalah perilaku yang kurang pantas.

7. Perhatian Pada Anak

Perhatian Pada Anak

Memberi perhatian pada anak mungkin merupakan hal yang sederhana, dan terkesan mudah dilakukan, tetapi banyak orangtua yang tidak menyadari hal ini. Komunikasi yang baik antara anak dan orang tua sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.

You have Successfully Subscribed!