12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Karena dengan empat kata sederhana ini anak dapat belajar untuk meningkatkan keterampilannya dalam bersosialisasi, dan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan. Tetapi sebelumnya anda perlu mengajarkan arti dari masing-masing kata ini kepada anak agar mereka mengerti kapan saat harus mengucapkan kata-kata tersebut.

Ajarkan anak untuk mengatakan “Permisi” ketika meminta izin, mengatakan “Tolong” ketika meminta sesuatu, mengatakan “Maaf” ketika melakukan kesalahan, dan mengatakan “Terima Kasih” ketika orang lain telah melakukan kebaikan untuk diri mereka.

Anda juga bisa memberi contoh dengan menerapkan kata-kata ini dalam percakapan sehari-hari di rumah. Berikan anak motivasi agar mereka mau belajar, dan terbiasa untuk menggunakan empat kata tersebut. Juga selalu ingatkan anak untuk menggunakan nada bicara yang baik, dan sikap yang menyenangkan saat berinteraksi dengan orang lain.

4. Selalu Konsisten

Selalu Konsisten

Mengajarkan sopan santun adalah suatu proses, dimana anak membutuhkan pembiasaan dengan pola yang konsisten. Mungkin anak anda masih sering lupa bagaimana harus bersikap baik, tetapi sebagai orang tua jangan pernah lelah untuk mengingatkan mereka.

Apabila anak anda bertindak tidak sopan, mereka harus segera diingatkan, dan janganlah terlalu mudah memaklumi sikap mereka, karena hal ini justru akan membuat anda terlihat tidak konsisten di mata anak.

Berikan aturan dan batasan yang jelas, karena seorang anak membutuhkan pengarahan dari orang tuanya. Tujuan dari batasan ini agar anak mengetahui perilaku seperti apa yang diharapkan.

Ajarkan pada anak bagaimana cara melihat tujuan baik dari batasan yang telah dibuat, dan berikan konsekuensi apabila mereka melanggarnya. Gunakan bahasa yang baik, dan mudah dimengerti ketika harus memberikan konsekuensi.

Aturan ini tidak hanya berlaku bagi anak saja tetapi juga untuk orang tua. Anda harus konsisten dengan aturan yang telah dibuat, karena aturan yang terlalu sering berubah-ubah akan membuat anak bingung. Hanya dengan konsistensi maka sebuah perilaku baru dapat terbentuk.

5. Berikan Pujian

Berikan Pujian

Ketika anak anda bersikap baik dan sopan, berikan pujian yang sehat pada mereka. Pujian kepada anak datangnya bukan hanya dari orang tua di rumah, tetapi bisa datang dari siapa saja, dan mereka semua bisa saja memberikan pujian yang salah. Apabila salah dalam memberikan pujian maka hasilnya bisa fatal.

You have Successfully Subscribed!