12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Pada usia tersebut otak anak bagaikan spons yang menyerap berbagai macam informasi dari lingkungan di sekitarnya, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk.

Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (Golden Age). Anda bisa mengenalkan sopan santun kepada anak mulai dari hal yang paling sederhana, seperti memberi salam, meminta izin, dan sebagainya.

Mengajarkan sopan santun sejak usia dini akan membentuk pondasi bagi anak dalam membangun kemampuan bersosialiasasi di masa mendatang. Sebagai orangtua hendaknya memanfaatkan masa emas ini untuk menanamkan sopan santun yang baik pada anak.

Jangan menunggu ketika anak sudah besar, atau menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada pihak sekolah, karena mengajarkan sopan santun adalah kewajiban orang tua sepenuhnya.

2. Jadilah Role Model

Jadilah Role Model

Anak adalah seorang peniru yang ulung. Karena itu cara untuk mengajarkan sopan santun yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak secara konsisten.

Orang tua adalah sosok paling dekat, dan paling sering dilihat anak dalam kehidupannya. Anak selalu mengamati, dan mencerna apapun yang orang tua lakukan. Dengan melihat contoh perilaku orang tuanya sehari-hari, maka anak akan belajar bersikap sopan santun dengan sendirinya.

Jadilah role model atau panutan bagi anak anda, dengan demikian anda dapat memutuskan sikap dan perilaku seperti apakah yang ingin anda tanamkan dalam diri mereka. Lingkungan bisa dikatakan sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan perilaku anak.

Jadi mulai sekarang biasakanlah untuk bersikap baik, dan menjadi teladan bagi anak anda, karena cara terbaik mengajarkan sopan santun adalah melalui contoh, bukan sekedar memberi nasehat.

Menjadi panutan bukan berarti harus menjadi orang tua yang sempurna, tetapi anda perlu memberi contoh sikap yang baik dan positif pada anak. Karena entah itu baik atau buruk, anak akan menjadikan orang tua sebagai figur bagi mereka.

3. Mulai Dari Hal Sederhana

Mulai Dari Hal Sederhana

Ingin menciptakan dunia yang lebih baik? Mulailah mengajarkan sopan santun dari hal-hal sederhana. Dalam bersikap sopan santun, ajarkan anak untuk terbiasa dengan empat kata penting, yaitu maaf, permisi, tolong, dan terima kasih.

You have Successfully Subscribed!