12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

12 Cara Mendidik Sopan Santun Pada Anak

Tingkat kecerdasan seseorang tidak menjamin terbentuknya karakter yang baik. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa dewasa ini sikap sopan santun pada anak-anak berkurang drastis.

Pendidikan sopan santun yang paling utama berasal dari keluarga, dan kita tidak dapat menyalahkan sekolah atau pihak lain, apabila anak kita kurang memiliki sopan santun dalam bersikap. Karena sopan santun adalah suatu kebiasaan yang dibentuk dalam waktu yang lama.

Meskipun pelajaran tentang sopan santun telah diterapkan di sekolah, tetapi sepertinya sopan santun kini adalah sesuatu yang mahal. Sopan santun sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

Sopan santun menjadikan seseorang berbeda dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut nantinya akan berdampak langsung pada hal positif yang akan dilakukan oleh seseorang.

Perbuatan atau sikap baik tersebut tentu tidak serta merta muncul dengan sendirinya, tetapi membutuhkan proses yang panjang dalam terciptanya sikap sopan santun pada diri seseorang. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya dan juga pedoman dalam mendidik sopan santun.

Sebenarnya tidak pernah ada kata terlambat dalam mengajarkan sopan santun kepada anak, karena yang paling penting dalam mengajarkan anak sopan santun adalah teladan diri anda sendiri sebagai orang tua.

Dengan kata lain, anak anda tidak akan menganggap serius hal ini, apabila anda sendiri tidak dapat memberikan contoh yang baik pada mereka. Pentingnya pendidikan sopan santun pada anak tidak lain karena keprihatinan pada generasi kita saat ini.

Banyak yang menganggap bahwa sopan santun yang dimiliki generasi muda kian pudar. Banyak anggapan bahwa anak masa kini kerap kali berperilaku dengan seenaknya sendiri tanpa mengindahkan sopan santun. Lalu, bagaimana cara mengajarkan sikap sopan santun yang benar pada anak?

Berikut ini ada 12 cara untuk mendidik sopan santun pada anak.

1. Sejak Usia Dini

Sejak Usia Dini

Kapan sebaiknya mengajarkan sopan santun dimulai? Sejak anak berusia 1-3 tahun sudah bisa dimulai dan dibiasakan untuk belajar sopan santun. Karena pada saat anak berusia antara 0-6 tahun, otak akan berkembang sangat cepat hingga 80 persen.

You have Successfully Subscribed!